Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Pesta Gol ke Gawang Laos, Timnas tetap tersingkir
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Indonesia menutup pertandingan terakhir di grup A dalam ajang Piala AFF 2014 Suzuki Cup dengan kemenangan 5-1 atas Laos. Namun demikian, ...
Indonesia menutup pertandingan terakhir di grup A dalam ajang Piala AFF 2014 Suzuki Cup dengan kemenangan 5-1 atas Laos. Namun demikian, kemenangan tersebut tak cukup untuk membawa Indonesia lolos dari fase grup karena di saat yang bersamaan tuan rumah Vietnam menang 3-1 atas Filipina. Hasil ini membuat Vietnam lolos sebagai juara grup dengan poin 7. Filipina sebagai runner up grup dengan poin 6. Indonesia menduduki posisi ketiga dengan perolehan 4 poin. Sementara Laos 0.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Hang Day, Hanoi, Jumat (28/11/2014), Indonesia tampil sedikit berbeda dibanding laga melawan Filipina. Jika saat melawan Filipina Indonesia menerapkan umpan panjang, namun kali ini umpan-umpan pendek nan atraktif yang diperlihatkan pasukan garuda. Serangan yang dibangun dari lini per lini membuat pergerakan bola menjadi sangat cepat dan dinamis. 

Tampil dengan sejumlah pemain mudanya, Indonesia terlihat mendominasi laga dengan penguasaan bola mencapai 60:40. Evan Dimas yang dimainkan penuh sepanjang pertandingan terlihat sangat leluasa memanjakan para striker dengan umpan one two dan umpan terobosannya. Sampai pada menit ke 8 Evan Dimas berhasil menyarangkan 1 gol ke gawang Laos yang dikawal oleh Seng Ahtit. Evan juga menjadi aktor terjadinya gol ke 2 Indonesia yang dicetak oleh Ramdhani Lestaluhu. Umpan pendek dengan Christian Gonzales membuat bola menjadi liar dan jatuh di kaki Ramdhani yang dengan sigap menyambar bola. Sejak saat itu Indonesia terus menerus membombardir pertahanan Laos sampai akhirnya terciptalah gol ke 3 atas nama Zulham Zamrun. Satu gol bunuh diri pemain Laos dan pesta gol timnas ditutup oleh Ramdhani yang memanfaatkan umpan cutback hasil penetrasi Evan Dimas.

“Anak-anak sudah berusaha yang terbaik namun ya apa daya ini sudah hasilnya. Persiapan kita minim sehingga inilah konsekuensinya”, ujar sang pelatih, Alfred Riedl. Hasil ini membuat Indonesia secara beruntun gagal lolos dari fase grup Piala AFF dalam 2 edisi pergelarannya yaitu di tahun 2012 dan tahun ini 2014.

Penulis : Adam Eduardo
Editor   : Silviana Dharma

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top