Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: KERETA API TERAKHIR
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
          Film lawas yang mengangkat kisah tentang gagalnya Perjanjian Linggarjati ini disutradarai oleh Mochtar Soemodimedjo, film ini dip...
          Film lawas yang mengangkat kisah tentang gagalnya Perjanjian Linggarjati ini disutradarai oleh Mochtar Soemodimedjo, film ini diproduksi pada tahun 1981. Film yang bertemakan romansa perjuangan ini diangkat dari novel yang berjudul sama karya Pandir Kelana. Mengisahkan tentang seorang tentara yang bernama Firman, yang bertugas untuk mengawasi kereta tujuan Purwokerto-Jogjakarta, saat itu Indonesia masih dalam keadaan labil pasca kemerdekaan (1945-1950), ketika Belanda masih belum sepenuhnya rela melepaskan kemerdekaan bagi Indonesia masih terus melakukan intervensi di berbagai wilayah. Salah satu incaran Belanda adalah jalur perkereta-apian, karena pada saat itu kereta api merupakan transportasi penting bagi kebutuhan negara. Letnan Sudadi berangkat bersama kereta pertama, sementara Letnan Firman dan Sersan Tobing mengawal kereta terakhir, kereta terakhir bukan saja berisikan penumpang biasa namun juga berkas-berkas penting negara, Para Letnan bekerkasama dengan Jend. Gatot Subroto pada saat mengamankan keberangkatan kereta api terakhir.






            Film yang diproduksi PPFN (Pusat Produksi Film Negara) bekerjasama dengan PJKA (kini PT KAI) ini digarap dengan cukup apik, dan merupakan saksi bisu sejarah yang mampu menjadi bahan pembelajaran yang baik bagi generasi muda untuk mengenal sejarah kemerdekaan.



Penulis : Yusrina Zulfa
Editor : Yuzrina Zulfa

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top