Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Jadi TV Presenter, Siapa Takut?
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Doc. I-Focus. Dari kiri ke kanan: Christian A. Pangabean, Nirma Yunita, lova dan Ellyza Hasan. ...
Doc. I-Focus.
Dari kiri ke kanan: Christian A. Pangabean, Nirma Yunita, lova dan Ellyza Hasan.
Senin (25/8), Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (FIKom Untar) berkerjasama dengan Communicasting Academy menyelenggarakan “Workshop TV Presenter”. Berlokasi di gedung utama Kampus 1 Untar lantai 11 ruang 1106B, News Anchor Berita Satu Ellyza Hasan dan Presenter TVRI Christian A. Panggabean dihadirkan sebagai pembicara dalam lokakarya tersebut.

Lokakarya yang dihadiri oleh 81 mahasiswa FIKom Untar ini membahas dan mengajarkan tentang  dunia penyiaran, pentingnya komunikasi dalam dunia kerja, permasalahan yang dihadapi public speaker, serta syarat-syarat menjadi TV Presenter

Menurut keterangan mantan Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FIKom Untar Satrio selaku penyelenggara, tujuan kedatangan Communicasting Academy ialah mengembangkan potensi mahasiswa-mahasiswi FIKom Untar dibidang Public Speaking, khususnya sebagai TV Presenter, memberikan pelatihan langsung kepada mahasiswa-mahasiswi ilmu komunikasi langsung dari para praktisi profesional, selain juga mengenalkan Communicasting Academy itu sendiri di kalangan universitas.

"Menurut Penelitian di Amerika, Glossophobia atau ketakutan berbicara di depan umum termasuk 3 fobia terbesar. Mengalahkan fobia takut mati dan takut miskin," ujar Christian. 

Berbicara pada dasarnya adalah perihal mudah menurut Ellyza. Bahkan berbicara adalah proses alamiah. "Yang perlu dikaji selanjutnya ialah bagaimana berbicara yang baik dan benar." 

Melalui lokakarya ini, diharapkan peserta termotivasi untuk berani tampil di depan umum dan berbicara kepada publik dengan benar. Mengenai grogi atau demam panggung, COO Communicasting Academy Christian A. Pangabean menjawab, "tidak akan bisa berbicara tanpa ada wawasan. Jadikan rasa grogi itu sebagai teman. Terlalu percaya diri justru menimbulkan kesalahan yang lebih besar. Jadi, grogi itu wajar."

Selain mendengarkan sharing dari kedua pembicara kondang tersebut, peserta juga diajak berunjuk aksi sebagai news presenter. Ketua Oranye Nirma Yunita dan Lova (mahasiswi FIKom angkatan 2014) memberanikan diri tampil sebagai news presenter dadakan. Meskipun masih banyak kekurangan, usaha keduanya dihargai masing-masing sebuah radio.

Mau jadi TV Presenter, siapa takut? Kuncinya ialah P3K, persiapan, persiapan, persiapan dan ketekunan.

Penulis         : Tania Reliana
Editor           : Silviana Dharma

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top