Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: FIKOM UNTAR MENGHADIRI ANUGERAH JURNALISTIK AQUA IV
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Pada hari Kamis tanggal 23 Oktober 2014 lalu, Fikom Untar secara khusus diundang oleh perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) Aqua un...


Pada hari Kamis tanggal 23 Oktober 2014 lalu, Fikom Untar secara khusus diundang oleh perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) Aqua untuk datang di acara yang bernama Anugerah Jurnalistik Aqua IV (AJAIV). Acara yang bertempat di Erasmus, Kedutaan Besar Belanda ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada insan-insan, baik dari kalangan jurnalis profesional maupun masyarakat awam, yang secara aktif dinilai telah menginspirasi orang banyak mengenai pentingnya air dalam kehidupan.

Acara ini dimulai pada pukul 10.30 dengan penampilan dari Emping Percussion yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Parmaningsih Hadinegoro selaku Vice President Corporate Secretary PT Tirta Investama. Pada kesempatan tersebut ibu Parma memberikan sambutan hangat secara khusus kepada para tamu dari kalangan akademis dengan menyinggung pentingnya pendidikan sebagai suatu investasi. Dalam suatu kutipan pidato pembukaannya, beliau mengatakan “menanam pohon merupakan investasi yang baik untuk jangka waktu 10 tahun. Sedangkan pendidikan (saya kira) merupakan investasi terbaik yang bisa dilakukan untuk jangka waktu 100 tahun, di mana setelah 100 tahun tersebut hasilnya baru bisa dilihat dan dirasakan.”

Selain pemberian penghargaan kepada para pemenang, AJAIV sendiri secara khusus mendatangkan para jurnalis profesional untuk membahas tentang Jurnalisme Warga yang kini tengah merebak di kalangan masyarakat. Dalam dialog tersebut ditekankan bahwa Jurnalisme Warga ada bukan untuk meniadakan Jurnalisme Konvensional, melainkan untuk melengkapi. Di satu sisi, Jurnalisme Warga membantu untuk melaporkan berita yang luput dari perhatian para wartawan, sedangkan di sisi lain, Jurnalisme Konvensional menjaga masyarakat yang melakukan Jurnalisme Warga agar tidak sampai melanggar hukum dan etika pers yang ada.

Acara yang dihadiri oleh teman dari berbagai media dan kalangan akademis ini kemudian ditutup dengan acara ramah-tamah dan makan siang bersama di halaman Erasmus. Meski bergeser dari susunan acara yang ditentukan, AJAIV tetap berjalan dengan lancar dan juga meriah.

Penulis : Maureen Maria
Editor   : Silviana Dharma

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top