Rabu
(14/5) Fikom Untar mengadakan kuliah umum yang
menghadirkan H. Asnawi Bahar, S.E.,M.Si. yang menjabat sebagai Ketua
Dewan Pimpinan Pusat ASITA (Association
of the Indonesia Tours and Travel Agencies).
Asnawi
menjelaskan kepada para peserta mengenai
cara berorganisasi yang baik di dalam
dunia kerja. “Kunci
dalam organisasi yaitu bagaimana kita menempatkan posisi sebaik mungkin, menempatkan diri yang
tepat dan berbicara diwaktu yang tepat,” jelasnya.
Asnawi mencontohkan seseorang yang aktif
berorganisasi sejak sekolah dan di kampus akan mendapat nilai lebih saat
melamar pekerjaan. Namun Asnawi juga mengakui bahwa sekarang ini Indonesia
masih menggunakan konsep status oriented
belum achievement oriented. Tidak
herana bila di dunia kerja seorang yang berasal dari kalangan terpandang lebih
diutamakan daripada mereka yang berasal dari kalangan biasa meskipun memiliki prestasi
lebih.
Asnawi
juga menekankan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang terampil, cakap dan
berpengaruh. Sekarang sistem
kepemimpinan sudah berubah, tidak seperti dulu yang bisa main perintah. Menurutnya, dibutuhkan komunikasi
yang baik untuk menjadi pemimpin
yang baik. (MRM)
Posting Komentar