Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Angket Kemajuan dan Diskusi Bersama Mahasiswa
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Hujan Saran dan Kritikan Blak-blakan Apakah ada yang familiar dengan istilah Forum Komunikasi (atau yang biasa disebut Forkom) atau Mimbar...
Hujan Saran dan Kritikan Blak-blakan

Apakah ada yang familiar dengan istilah Forum Komunikasi (atau yang biasa disebut Forkom) atau Mimbar Mahasiswa yang sering diadakan oleh lembaga legislatif di Universitas Tarumanagara? Hmm.. Forkom atau Mimbar Mahasiswa itu merupakan salah satu program kerja rutin yang bertujuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa-mahasiswi secara langsung kepada pimpinan fakultas, seperti Dekan, Pudek, Kepala Jurusan, sampai dosen.
   
Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (DPM Fikom Untar) yang baru memasuki periode pertama juga tidak mau kalah pastinya. Bedanya, DPM Fikom menyebut Mimbar Mahasiswa sebagai Diskusi Bersama Mahasiswa Dengan Pimpinan.


Agar diskusi lebih terarah, pada tanggal 22-23 Februari lalu, Tim Pelaksana Angket Kemajuan menyebar angket berisi 6 pertanyaan terbuka mengenai fasilitas, kegiatan belajar mengajar, dan lembaga kemahasiswaan kepada mahasiswa dari berbagai angkatan yang dipilih secara random.
Selanjutnya, dalam kegiatan Diskusi Bersama Mahasiswa Dengan Pimpinan Fikom Untar yang diadakan tanggal 10 Maret 2010 di Ruang 1106A-B, mahasiswa boleh menyalurkan apapun aspirasi mereka berupa saran, kritik, atau sekedar ingin bertanya kepada para undangan yang terdiri dari Ir. Ign. Haryanto, M.M. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Eko Harry Susanto, M.Si. selaku Dekan, Drs. Widayatmoko, M.M. selaku Pudek, Drs. Suherman Kusniadji dan Genep Sukendro, S.Sos. selaku Binma, Dra. Riris Loisa, M.Si. selaku perwakilan dosen tetap, dan Djoko selaku Kepala Tata Usaha.

Diskusi berlangsung hangat dan menyenangkan karena komunikasi berlangsung 2 arah. Pertanyaan dari mahasiswa didominasi oleh kinerja dosen, fasilitas, dan kebersihan lingkungan Fikom. Ada pula usulan mengenai pengisian KRRS online yang juga menjadi permasalahan di fakultas lain. Pihak pimpinan Fikom patut mendapatkan apresiasi karena keterbukaannya dalam menanggapi aspirasi mahasiswa yang kritis, namun tetap menghargai aturan dan etika menyampaikan pendapat di muka umum sebagai kaum intelektual.

Kegiatan Angket Kemajuan dan Diskusi Bersama Mahasiswa Dengan Pimpinan Fikom Untar diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan umum yang terjadi di Fikom Untar melalui sudut pandang mahasiswa Fikom serta mencapai suatu solusi antara pimpinan dan mahasiswa Fikom Untar demi kelancaran proses perkuliahan di masa sekarang dan masa yang akan datang. (Novena)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top