Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Membangun Karakter Mahasiswa
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Pada tanggal 22, 23, dan 24 Juni 2011, di Hotel Soen, Bogor, Jawa Barat, diselenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) ...

Pada tanggal 22, 23, dan 24 Juni 2011, di Hotel Soen, Bogor, Jawa Barat, diselenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Universitas Tarumanagara Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dosen Untar, Pembicara Materi, Fasilitator Pelatihan, dan Perwakilan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Tarumanagara.

Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi tuan rumah acara ini. Pudek I Fikom Untar sebagai Ketua Panitia Pelaksana LKMM ke-34, yaitu Drs. Widayatmoko, MM. Tema kegiatan ini yaitu “Membangun Karakter Mahasiswa melalui Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa”. Pembukaan latihan ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ir. Ignatius Harjanto, MM.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan LKMM ini adalah memberikan bekal keterampilan manajemen, pengembangan jiwa kepemimpinan, semangat kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan mengelola organisasi kemahasiswaan serta mampu membangun jaringan intra maupun ekstra kampus.

Adapun Charles Bonar Sirait yang hadir pada kegiatan ini sebagai pembicara materi yang berkaitan dengan public speaking. Bertujuan agar mahasiswa berani tampil berbicara di depan khalayak luas. Materi ini sangat berkaitan dengan pengembangan diri untuk mengetahui karakter mahasiswa itu sendiri. “Berbicara di depan khalayak luas harus mempunyai  keberanian dan ungkapan kata-kata yang indah”, ujar seorang artis dan public speaker terkenal ini.

Kemudian para peserta dipimpin oleh fasilitator untuk praktik dalam mengembangkan karakter mereka. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok dan mengikuti fasilitator masing-masing. Fasilitator berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi, yaitu Christopher Tedja, Renaldo Christy, Ellen Budianto, dan Novena Adelweis Gisela.

Sedangkan pemberi materi pelatihan adalah Charles Bonar Sirait, Ir. Basuki Anondho, MT., Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum., Ir. Erwin Siahaan, M.Si., Drs. Widayatmoko, MM., Drs. Murdadi, Eddy Dadang Suryadi, SE., MM, dan Gunawan Suryanegara.

Banyak materi yang didapatkan pada kegiatan ini, diantaranya: public speaking, analisis, pengembangan karakter, kepemimpinan dan kemandirian, pemecahan konflik, pembuatan proposal dan laporan pertanggungjawaban, serta pendadaran.

Pada saat pendadaran, hasil Proposal dan Laporan Pertanggung Jawaban dibahas oleh para pemberi materi pelatihan dan dibantu oleh Ir. Ignatius Harjanto, MM.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini, sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Diakhir acara diumumkan peserta terbaik mahasiswa, yaitu Me Queen Sterius Emmanuel (915100030) dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan peserta terbaik mahasiswi, yakni Disca Isnu Trisna (825080037) dari Fakultas Teknologi Informasi.


LKMM diharapkan dapat membantu proses regenerasi Kepengurusan Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Tarumanagara Jakarta. Nurul Khotimah - Oranye - Fikom Untar.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top