Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Papua di Tangan PT. Freeport Indonesia
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Sebagian dari warga Indonesia masih bertanya – tanya apa itu Freeport Indonesia? Kenapa selalu saja menimbulkan kontroversi? Nah untuk leb...
Sebagian dari warga Indonesia masih bertanya – tanya apa itu Freeport Indonesia? Kenapa selalu saja menimbulkan kontroversi? Nah untuk lebih tahu lebih mendalam soal ini, penulis akan membahas beberapa hal yang penting untuk diketahui. 

PT. Freeport adalah salah satu nama perusahaan besar yang berlokasi di Papua. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pertambangan yang mayoritas sahamnya dimiliki Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. Perusahaan ini adalah penyumbang pajak terbesar kepada Indonesia dan merupakan perusahaan penghasil emas terbesar di dunia melalui tambang Grasberg.


Freeport berkembang menjadi salah satu perusahaan dengan penghasilan 2,3 Miliar dollar AS. Perusahaan ini secara langsung dan tidak langsung memberi dampak signifikan bagi Indonesia. Sebuah majalah perdagangan menyebutkan bahwa Freeport di Papua  merupakan tambang emas yang terbesar di dunia. Namun, sering pula muncul berita konflik antara perusahaan ini dengan penduduk asli Papua.


Freeport begitu kaya, namun kondisi warga Papua yang hidup di sekitar wilayahnya sangat memprihatikan. Kehidupan mereka jauh dari nuansa modernisasi. Seharusnya dengan kemajuan perusahaan, Freeport bisa membantu naiknya kualitas hidup warga Papua. Demi bertahan hidup, masyarakat yang tinggal di daerah tersebut harus mencari serpihan sisa-sisa emas yang mengalir melalui sungai-sungai kecil di sekitar pemukiman.

Memang, Freeport membawa keuntungan bagi bangsa kita. Namun, kontroversi yang muncul tidak kalah heboh. Mulai dari persoalan limbah yang dibuang melalui pegunungan sekitar lokasi pertambangan, sungai-sungai yang mengalir ke dataran rendah yang melewati  hunian para penduduk Papua dan masalah lainnya. Dan masalah yang terakhir adalah bentrokan antarwarga.

             
Maka dari itu, sebagai rakyat Indonesia kini warga Papua meminta perlindungan khusus kepada Presiden SBY. Mereka merasa hidup mereka di dalam bahaya. Masyarakat Papua ingin memiliki hak yang sama dengan warga Indonesia lainnya, yakni mendapat jaminan keselamatan dan kesejahteraan dalam hidupnya.

Sebagai sesama warga Indonesia sudah seharusnya kita prihatin dan peduli dengan penderitaan mereka. Bayangkan bagaimana bila kita yang ada di posisi mereka. Maka dari itu marilah kita bersatu, bersama-sama membela hak-hak kita yang dirampas supaya seluruh warga Indonesia bisa merasakan kebebasan dan kemerdekaan yang selama ini kita kumandangkan.Terakhir, mari bersama pula kita mendoakan saudara-saudara kita di Papua agar masalah yang terjadi cepat terselesaikan. (Elvina Dyah Avanty-Oranye)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top