Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Hidup Sehat untuk Hindari Stroke
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Seringkali kita kurang memperhatikan pola makan untuk hidup sehat. Padahal pola makan merupakan salah satu faktor penting agar tidak ter...
Seringkali kita kurang memperhatikan pola makan untuk hidup sehat. Padahal pola makan merupakan salah satu faktor penting agar tidak terjadi stroke. Terkadang, pola makan dianggap hal‘sepele’ dengan alasan kita bisa menghindari stroke dengan hanya berolahraga. Akan tetapi, olah raga pun harus didukung dengan pola makan yang sehat. Berikut tips-tips makanan penurun risiko stroke:
  • Ikan, merupakan sumber omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan resiko pembekuan/penggumpalan darah dan menurunkan risiko terjadinya stroke. 
Cara pengolahan yang tepat yaitu dengan tim, panggang dan pepes. Hindari dengan cara pengolahan menggoreng, karena dapat menurunkan kadar omega 3 hingga 50%.
  • Oatmeal, merupakan sumber serat larut, berperan menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Alpukat, sumber asam lemak tak jenuh karena terdapat ikatan tunggal yang berperan meningkatkan kadar kolesterol baik tanpa mempengaruhi kolesterol yang jahat. Ada pula kalium yang berfungsi mengatur tekanan darah serta glutation sebagai antioksidan.
  • Buah dan Sayur berwarna-warni, sebagai sumber antioksidan. Konsumsilah buah lebih dari 1 macam dengan warna berbeda untuk memaksimalkan kinerja antioksidan dalam tubuh.
  • Minyak Kanola dan Zaitun, biasanya digunakan untuk salad dressing, menggantikan penggunaan minyak jenuh.
  • Kacang Kedele dan Olahannya, sebagai sumber lechitine dan choline berperan menurunkan kadar kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Sumber: BetterHealth 
Teks: Riza Firdaus- Oranye

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top