Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Dari Kami Untuk Alam
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Alam menjadi salah satu elemen kehidupan di muka bumi. Penting bagi manusia untuk menjaga kelesta...

Alam menjadi salah satu elemen kehidupan di muka bumi. Penting bagi manusia untuk menjaga kelestariannya. Pelestarian diwujudkan dalam berbagai cara dan bentuk. Cara paling sederhana adalah bagaimana kita sebagai makhluk di alam ini tidak membuang sampah sembarangan. Tindakan ini terdengar sangat sederhana. Namun, segala sesuatu yang berhasil besar dimulai dari cara yang paling sederhana. Dampaknya pun besar bagi kelangsungan alam untuk kehidupan semua makhluk.
 Perhatian terhadap penanggulangan sampah juga dapat diterapkan dengan cara mengumpulkan, menyeleksi, dan mendaur ulang. Tentu saja ketiga cara ini harus dibarengi dengan niat serta usaha. Barang – barang yang masih layak pakai sebaiknya tetap digunakan. Apabila tidak ingin digunakan lagi, barang – barang ini dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna.
 Alam saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Banyak kerusakan yang terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja. Cara – cara di atas merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan alam dari kerusakan.
Selain itu, saat ini telah banyak terdapat organisasi pencinta dan penyelamat alam. Gerakan hijau yang banyak diserukan para pencinta dan penyelamat bumi saat ini semakin banyak dilaksanakan di berbagai belahan dunia. Masalah pencemaran lingkungan sudah sangat mengkhawatirkan, malah mengancam keberlangsungan kehidupan manusia di bumi.
 Penggunaan plastik secara berlebihan merupakan masalah terbesar bagi aktivis penggerak Go Green. Dibutuhkan waktu 50-80 tahun untuk plastik hancur dan 1000 tahun untuk terurai dengan sempurna. Waktu tersebut sangatlah lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Ketika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. Setiap tahunnya, kurang lebih 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia. Sungguh jumlah yang mencengangkan dan membuat miris.
Solusi yang paling tepat yaitu mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Saat berbelanja di supermarket, bawalah tas kain  untuk meletakan barang belanjaan. Selain itu, pendauran ulang barang-barang plastik juga salah satu cara efektif dalam memerangi kerusakan lingkungan dan mampu menciptakan lingkungan yang hijau. Kesadaran seperti inilah yang seharusnya timbul pada diri  manusia agar kelestarian dan hijaunya bumi tetap terjaga.

Putu Elmira - Oranye

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top