Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Mempertahankan Keutuhanmu, Sastra
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Saat ini, sastra menjadi topik yang sangat jarang diangkat ke publik. Kesan kolot menjadi pandanga...

Saat ini, sastra menjadi topik yang sangat jarang diangkat ke publik. Kesan kolot menjadi pandangan miring mengenai sastra itu sendiri sampai keberadaannya semakin dilupakan. Namun, upaya penyelamatan sastra kini justru banyak dimulai oleh generasi muda penerus bangsa. Salah satu dari mereka adalah Arina Lestari (22) dan Mega Putri (20).

“Semenjak ada twitter, banyak komunitas sastra seperti fiksi mini atau puisi kita menjadi satu cara untuk memperkenalkan sastra di Indonesia,” ujar Mega, salah satu relawan Koin Sastra. Seiring berjalannya waktu, usaha-usaha untuk membangkitkan eksistensi sastra juga semakin gencar dilakukan. Hal inilah yang digerakan Komunitas Koin Sastra.


Komunitas ini melakukan penggalangan dana untuk terus mempertahankan karya-karya sastra. Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin menjadi pusat perhatian komunitas ini karena keberadaannya telah banyak ditinggalkan. Sungguh miris mengingat di dalam PDS HB Jassin banyak tersimpan karya sastra yang memiliki nilai sejarah tinggi. Kekhawatiran semacam inilah yang menggugah komunitas untuk berusaha menyelamatkan dan mempertahankan eksistensi sastra Indonesia.


Kegiatan penggalangan dana yang diselenggarakan Komunitas Koin Sastra untuk PDS HB Jassin dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, lewat konser amal yang pengisi acaranya tidak dibayar sampai dengan kliping masal dimana orang-orang yang hadir menyumbangkan tenaganya untuk membuat kliping. Hasil dari penggalangan dana ini digunakan untuk pengembangan dan pemeliharaan karya-karya joleksi HB Jassin.

Harapan kedua sahabat Koin Sastra ini tidak muluk. Mereka hanya ingin terus tetap menyelamatkan sastra dan PDS HB Jassin dari kepunahan. “Semoga acara ini menjadi pencerahan kepada pemerintah maupun sastrawan-sastrawan diluar sana untuk lebih prihatin kepada PDS HB Jassin.” ujar Arina. Kekhawatiran Arina pun dirasakan pula oleh Mega. “Semoga akan ada acara-acara penggalangan dana selanjutnya. Dan untuk anak-anak muda saat ini, sastra itu sebenarnya menyenangkan karena dapat menjadi cerita untuk anak cucu di kemudian hari” ujar Mega, dengan senyum penuh harap.
                                                                        
                                                                                                                ( Putu Elmira – Oranye )

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top