Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Fikom Untar Menentang Korupsi!
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
                Plek! Sudah 3 gepok uang diletakan di hadapan Woko, seorang kepala gudang. “Kalau tidak bisa ditaruh beras saya hari ini j...

                Plek! Sudah 3 gepok uang diletakan di hadapan Woko, seorang kepala gudang. “Kalau tidak bisa ditaruh beras saya hari ini juga, saya bisa rugi banyak, Pak. Jadi saya mohon, Pak.” Woko terdiam sebentar. Mungkin teringat pada anaknya yang sedang sakit atau mungkin pada tong berasnya yang sudah kosong. Namun dengan mantap ia menjawab “Saya rasa Ko Abeng harus mencari gudang lain.” Perbincangan itu terus berlanjut dan Woko tetap bersikukuh tidak meminjamkan gudang untuk sang penimbun beras.

 Begitulah salah satu adegan dalam film “Kita versus Korupsi”. Film ini ditayangkan dalam bedah film yang diadakan oleh Fikom Untar dalam rangka membangun kesadaran mahasiswa Fikom Untar mengenai fenomena korupsi di negeri ini pada tanggal 31 Oktober 2012.

                Dengan menghadirkan Tama S Langkun dari Divisi Investigasi ICW (Indonesia Corruption Watch) dan Agus dari Transparency International Indonesia (TI-Indonesia), bedah film ini disambut antusias oleh mahasiswa Fikom Untar.  Alhasil, kedua pembicara ini pun dicecar pertanyaan oleh beberapa mahasiswa Fikom Untar mengenai film yang diputar
.
“Jika kita masuk dalam lingkungan yang korup kita punya tiga pilihan. Yang pertama ikut korupsi. Yang kedua tidak korupsi dan membiarkan korupsi terjadi. Dan yang ketiga melawan korupsi tersebut. Pilihan mana yang bisa mengubah Indonesia? Biar teman-teman sendiri yang memutuskan.” ujar Tama menyikapi film tersebut.

Sedangkan Agus punya pandangan sendiri. Dia mengungkapkan bahwa memberantas korupsi harus dimulai dari hal-hal kecil. Menurutnya, hal-hal kecil bisa berdampak besar jika dilakukan bersama. Dia mencontohkan pada malam penangkapan Novel Baswedan oleh Polri, dia tidak menyangka dengan satu tweet yang tersebar. Dan hasilnya pada jam 1 dini hari berbagai elemen masyarakat berkumpul di Gedung KPK menghalau penangkapan tersebut.

Agus juga berharap, Fikom Untar dapat mengadakan acara-acara serupa yang bertemakan anti-korupsi. Harapan Agus ini direspon baik oleh Ketua BEM, Elwi Gito. Bedah film ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba artikel bertema “Kita versus Korupsi” yang diadakan oleh Oranye, Media Fikom Untar yang diraih oleh Maria Margaretha (2012). 

(Willy) 

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top