Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Lika - Liku Si Naga Air
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Percaya atau tidak, bencana banjir yang sedang melanda Jakarta telah diramalkan sebelumnya. Berdasarkan penanggalan TiongHoa, tahun ...



Percaya atau tidak, bencana banjir yang sedang melanda Jakarta telah diramalkan sebelumnya.

Berdasarkan penanggalan TiongHoa, tahun 2012, tepatnya mulai  4 Februari 2012, pukul 18:18 hingga 9 Februari 2013, dipercaya sebagai tahun naga air. Sebelumnya, mari kita samakan dulu pemahaman kita tentang penanggalan ini.

Dalam kepercayaan Tionghoa dikenal 12 shio (生肖:shēngxiāo) yaitu zodiak TiongHoa yang menjadikan hewan-hewan sebagai lambang tahun, bulan, hari dan waktu dalam astrologi TiongHoa. Tikus (: Shǔ),kerbau (: Niú), macan(: Hǔ), kelinci(: Tù  ), naga(: Lónɡ), ular(: Shé), kuda(:Mǎ), kambing(: Yánɡ), monyet(: Hóu), ayam(: Jī), anjing( : Gǒ) dan babi(:  Zhū) merupakan ke-12 hewan yang diambil sebagai perlambangan 12 cabang bumi yang kemudian digabung bersama 5 unsur (五行: wǔxíng), yaitu kayu, api, tanah/bumi, logam/emas dan air (, , , , : mù, huǒ, tǔ, jīn, shǔi) membentuk 1 periode 60 tahun. Oleh karena setiap hewan memiliki karakter yang berbeda-beda, setiap tahun akan memiliki pembawaan yang berbeda sesuai karakteristik hewan yang melambangkan tahun tersebut.
Sekarang mari kita tilik karakteristik naga air.

Menurut mitologi China, naga digambarkan dalam 9 karakteristik fisik, yaitu memiliki kepala seperti unta, tanduk seperti rusa, mata seperti siluman, telinga seperti lembu, leher seperti ular, perut seperti tiram, bersisik seperti ikan, telapak kaki seperti harimau dan cakar seperti rajawali.
Lain halnya dengan orang barat yang mengisahkan naga sebagai hewan jahat yang selalu diburu ksatria pemberani, di timur naga justru dianggap hewan sakral non-bumi atau hewan langit yang agung.

Secara kepribadian, naga merupakan simbol keberanian dan kecerdasan. Orang yang lahir pada tahun naga diyakini akan menjadi orang yang pemberani dan sukses bahkan tanpa perlu bersusah-payah. 
Berdasarkan karakteristik itulah, para peramal memperkirakan bahwa tahun naga akan membawa energi perubahan yang sangat besar, baik itu positif maupun negatif. Percaya atau tidak, tercatat beberapa peristiwa besar dalam sejarah terjadi pada tahun naga. 
Bulan Februari 1952, Elizabeth II menjadi Ratu Inggris. Pemerintahannya masih berlanjut hingga hari ini sebagai prestasi umur panjang. Pada tahun yang sama, bulan November, drama Mousetrap yang diangkat dari karya Agatha Christie dibuka di London dan menjadi rekor produksi drama terpanjang dalam sejarah yang pernah ada. Naga Air tahun 1952 juga mencatat diperkenalkannya dua senjata paling merusak dalam sejarah, yakni bom hidrogen dan pengebom B-52 sebagai pesawat pembunuh dalam Perang Vietnam.**

Terakhir, masih terngiang di benak kita, satu tragedi yang memicu dunia semakin gencar membekuk terorisme, tragedi 11 September. Terjadi pada tahun 2001, tahun naga, menara kembar World Trade Center (WTC), New York City, AS rubuh terhantam pesawat yang diboikot oleh teroris.
Naga Indonesia

Awal Mei 2012, pesawat Sukhoi Superjet 100 yang sedang dalam tahap percobaan pertama menabrak Gunung Salak, Bogor. Korban yang tewas 45 orang dan ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Selasa, 11 September 2012, Aceh mengalami kebakaran hutan terbesar selama 5 tahun terakhir. 

Dalam dunia olahraga, terkuak kasus penggunaan doping terbesar oleh pebalap sepeda Amerika, Lance Armstrong. Pada tahun yang sama, untuk pertama kalinya dalam sejarah, tidak ada satu pun pemain liga Inggris yang masuk dalam nominasi pemain terbaik pilihan UEFA. Pesepakbola asal Argentina sekaligus pemain Barcelona, Lionel Messi mencetak rekor 4x berturut-turut sebagai peraih trofi Ballon d’Or dengan koleksi 91 gol sepanjang tahun 2012 ini.

Terakhir, Kamis pagi, 17 Januari 2013, Jakarta dilanda banjir (yang dikatakan) dahsyat yang merusak jalan-jalan di ibukota, memakan korban bahkan menjebolkan tanggul. Aktvitas ibukota pun terhenti, sekolah-sekolah diliburkan akibat banyaknya ruas jalan yang tidak dapat dilewati kendaraan besar seperti bus dan truk sekalipun. Hingga kini, beberapa daerah ibukota masih terendam banjir dan warga di posko-posko banjir masih sangat memerlukan bantuan.



Pada hari yang sama, Gubernur Jakarta Joko Widodo sampai mengeluarkan pernyataan bahwa Jakarta dalam kondisi tanggap darurat hingga 27 Januari 2013. BMKG bahkan memperkirakan bahwa cuaca buruk ini akan terus berlangsung hingga akhir Januari atau awal Februari.
Ramalan

Berikut beberapa sumber yang mencatat ramalan bencana banjir di tahun naga air :
1.      “Namun yang harus diingat, karena sifatnya air, tahun 2012 akan ada bencana alam yang berhubungan dengan air, seperti banjir.” (http://www.proberita.com/entertainment/prediksi-ramalan-2012-tahun-naga-air/)

2.      “Dalam tahun Naga, keberuntungan maupun bencana akan datang dalam format yang tidak tanggung-tanggung. Ini merupakan tahun yang ditandai oleh serentetan kejutan dan reaksi alam yang dahsyat. “(http://prestasipustakaraya.com/tahun-2012-tahun-naga-air-penulis-suhu-ong.html/)

3.      Probabilitas terjadinya bencana alam akan membesar, terutama gempa bumi, banjir, dan tsunami.” (http://properti.kompas.com/read/2012/01/04/19165551/Mari.Resapi.Tahun.Naga.Air.Dalam.Hidup.Anda.)

4.      Keberuntungan dan bencana yang akan datang pun sangat dahsyat. Mulai dari banjir, gelombang tsunami, tanah laongsor, gunung meletus, gempa bumi, sampai kecelakaan transportasi seperti tenggelamnya kapal dan jatuhnya pesawat terbang. ”(http://www.kabar6.com/aneka-berita/fengshui/2466-prediksi-suhu-acai-di-tahun-naga-air-2012.html)

Bagaimana menurut Anda? Apakah pernyataan-pernyataan tersebut hanyalah sebuah kebetulan belaka? Entahlah.  


Ramalan bisa salah bisa benar. Kiamat 2012 terbukti keliru. Bagaimana pun, ramalan bukanlah tolok ukur maupun faktor utama terjadinya banjir di Jakarta. Banjir merupakan masalah yang sudah eksis sejak lama dan terus menjadi pergumulan segenap warga ibukota. Satu hal yang pasti, bencana alam bisa diminimalisir dampaknya, termasuk banjir. Hanya 2 hal mendasar yang kita butuhkan untuk mewujudkan Jakarta bebas banjir, yaitu kesadaran dan kemauan. Kesadaran bagi seluruh masyarakat, bukan hanya penduduk Jakarta, untuk berhenti membuang sampah ke saluran - saluran air. Dipadukan dengan itu ialah kemauan untuk mewujudkannya, bukan hanya sekadar kemaluan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, toh?

*)http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/09/legenda-naga-cina-dan-penampakannya-di.html
**)http://nasional.kompas.com/read/2012/01/21/11160616/Memahami.Tahun.Naga


~Homo proponit, sed Deus disponit~

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top