Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Keterbatasan Bukan Halangan!
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
"karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia....
"karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada anagn-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah" – R.A Kartini (1879-1904)

21 April merupakan hari besar bagi para wanita Indonesia karena pada tanggal yang sama pernah lahir seorang wanita yang hidupnya dia dedikasikan untuk memperjuangkan hak-hak wanita. R.A. Kartini namanya, dia wanita lantang yang mengoyak budaya patriarki dan gigih mengusahakan pendidikan bagi wanita di masanya.

Keteladanan Kartini tidak pudar oleh zaman. Terbukti masih ada wanita-wanita yang gigih berjuang meskipun di dalamn keterbatasan. Siapa saja mereka? 

1. Irma Suryati

Irma yang mengalami kelumpuhan akibat polio. Tapi hal ini tidak menjadi hambatan baginya untuk terus berkarya. Ia bersama suaminya yang juga penyandang cacat kaki, berhasil membangun usaha kerajinan keset yang sudah di ekspor ke beberapa negara. 





2. Dr. Hj Murtini SH.,MM

Murtini merupakan penyandang tunanetra akibat kecelakaan yang dialaminya tahun 2004. Pada tahun 2007, ia berkelliling nusantara bukan untuk jalan-jalan, melainkan untuk mengetahui bagaimana pemerintah setempat memperlakukan dan melayani para penyandang disabilitas.






3. Angkie Yudistia

Angkie adalah wanita kelahiran Medan yang menyandang tuna rungu sejak berusia 10 tahun. Kondisi ini membuatnya semakin berpikir positif. Berbagai prestasinya yang sudah di raih yaitu menulis beberapa buku, menjadi delegasi Indonesia di Asia Pacific Center of Disability di Thailand dan mendirikan bisnis sosial Thisable Enterprise.


Mereka tidak mempunyai kekuasaan atau fisik yang sempurna, tapi mereka bisa membuat tanah air maju dalam berbagai hal. Jadi, siapa bilang wanita Indonesia hanya di dapur? Ayo, bersama-sama kita memajukan wanita Indonesia dalam berbagai bidang!(VAL)






About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top