Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Kecelakaan di Ibukota
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
“Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri” inilah kalimat yang sering kita dengar untuk mneggambarkan ibukota Jakarta kini. Tid...
“Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri” inilah kalimat yang sering kita dengar untuk mneggambarkan ibukota Jakarta kini. Tidak hanya mengenai penduduk yang padat, Jakarta juga memiliki permasalah dari segi ekonomi, politik, dan sosial. Contoh yang paling sederhana adalah mengenai kemacetan dan kecelakaan. Namun kita akan melihat lebih dalam mengenai kecelakaan yang terjadi di Jakarta.

Kecelakaan menjadi sosok menakutkan bagi masyarakat ibukota, namun menjadi hal yang begitu biasa terjadi sepanjang hari di Jakarta. Beberapa pekan lalu, Seorang siswi SMA 1 Tambun, Bekasi tewas setelah tertabrak bus Transjakarta di Jalan Jatinegara ketika hendak menyebrang untuk mengikuti bimbel di SMA 8 Manggarai. Korban terserempet sambungan busway gandeng. Siswi tersebut mengalami luka cukup parah. Ia segera dibawa ke RS. Premier, Jakarta Timur. Namun, siswi ini akhirnya meninggal dunia.

Pada hari yang sama, seorang pengendara motor tewas tertabrak kereta api di perlintasan tanpa palang di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sebelum kejadian, korban sudah diperingatkan ada kereta api hendak melintas. Namun, si pengendara terus melaju dan akhirnya tertabrak.

Dari kedua kejadian tewasnya seorang siswi SMA dan pengendara motor, kita dapat melihat bahwa kalimat “Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri” ada benarnya. Namun, hendaknya kita tidak percaya begitu saja dengan kalimat tersebut. Ada yang harus dibenahi dan diperbaiki oleh Pemerintah dan masyarakat Jakarta.

Pertama, Pemerintah seharusnya lebih meningkatkan kewaspadaan dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab kecelakaan. Dari contoh kasus di atas terlihat bahwa pengamanan yang ada pada jalur busway maupun sarana dan prasarana sangat minim. Tidak adanya jembatan penyebrangan membuat masyarakat mau tidak mau harus melewati jalur busway untuk sampai ke seberang jalan. Begitupula kecelakaan yang menimpa pengendara motor yang tewas tertabrak kereta api. Tidak adanya palang pengaman menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kecelakaan semacam ini.

Kedua, tentu peran masyarakat ibukota Jakarta akan menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah. Kesadaran yang diperlukan antara lain mengenai keselamatan dan ketertiban, termasuk tertib berlalu lintas. Hal ini kadang dilupakan oleh masyarakat.(yk)

Sumber: www.detiknews.com

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top