Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Penutupan PMB 2012
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Akhirnya, sampailah PMB di hari terakhir, hari ketiga. Sesuai jadwal, pukul 7 pagi semua peserta t...

Akhirnya, sampailah PMB di hari terakhir, hari ketiga. Sesuai jadwal, pukul 7 pagi semua peserta telah sigap berkumpul di lobi gedung 1 Untar. Masing – masing berbaris sesuai kelompok di bawah arahan mentor.

Bagi kebanyakan orang hari Sabtu merupakan waktu bermalas-malasan. Namun, semua itu tidak terlihat di wajah – wajah anggota keluarga baru FIKom. Bahkan dibanding hari sebelumnya, semangat FIKom kini lebih nampak terpancar.

Setelah dua hari menjalani PMB bersama, angkatan 2012 FIKom mulai unjuk kekompakkan. “Bukan maen!” disorakkan dengan penuh semangat. Yel – yel khusus angkatan 2012 pun dibuat dan dikumandangkan dengan penuh keceriaan.

Sama seperti hari sebelumnya, peserta PMB berkumpul di aula lantai 11 FIKom. Acara pertama ialah pengenalan UKM Untar. Di hari kedua, sebagian peserta tidak berkesempatan menyaksikan demo UKM. Oleh karena itulah, beberapa UKM Untar menyempatkan diri sekali lagi mensosialisasikan UKM mereka. UKM yang hadir antara lain, VOMS radio, FUT, POUT, Adhyatmaka, PSUT dan Marsipala.

Setelah kemarin berkenalan dengan para petinggi dan staff FIKom, kali ini peserta diajak untuk mengenal organisasi – organisasi interen kemahasiswaan dan minat bakat FIKom. Dimulai dari BEM oleh Elwi Gito selaku ketua. Dalam presentasinya, Elwi menyampaikan bahwa ada 3 hal penting seorang mahasiswa dalam menjalani kehidupan kuliah. Tiga hal itu adalah belajar, berorganisasi dan berpacaran.

Perkenalan organisasi selanjutnya dibawakan divisi minat dan bakat FIKom Untar yang dimulai dari Creadzy. Creadzy merupakan divisi minat bakat dalam bidang periklanan. Dalam presentasinya, Creadzy menayangkan sejumlah video menarik hasil garapan mereka. Selain Creadzy, minat bakat yang turut tampil antara lain Oranye, divisi minat bakat jurnalistik dan I-Focus yang menaungi minat bakat fotografi. DPM FIkom menutup sesi presentasi tersebut.

Di sela – sela acara, duo MC (baca: emseeh) FIKom yang kocak sempat – sempatnya mengerjai mentor. Para mentor yang anak asuhnya bermasalah dihukum mendemonstrasikan yel – yel FIKom 2012.

Alumni Berbagi
Ada 3 tipe manusia di dunia ini dalam menghadapi kesempatan emas. Pertama adalah orang yang cerdik, yang sudah mempersiapkan diri sebelum kesempatan datang. Kedua, orang yang ketika kesempatan sudah digenggamnya, tidak disia - siakan . Ketiga adalah orang yang bodoh, yaitu mereka yang membiarkan kesempatan berlalu begitu saja tuk kemudian disesalkan. Demikian yang dikatakan Suwito, alumni FIKom Untar, sekaligus pendiri Oranye dan sekarang berprofesi sebagai jurnalis DAAI Tv.

Ya, dalam kesempatan kali ini, 4 alumni terbaik FIKom untar beda generasi berkesempatan hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka selama berkuliah di FIKom dan saat terjun ke masyarakat.
Mereka yang hadir antara lain, Suwito Wu (2007-Jurnalistik), Christina (2008-Periklanan), Renaldo (2009-periklanan) dan Glory Rosari Oyong (2007-Public Relation).

Tina, Aldo dan Glory kini bekerja di bidang yang berbeda dari konsentrasi peminatan semasa berkuliah. Tina misalnya, saat kuliah ia mengambil peminatan periklanan dan Glory dari PR. Namun, kini Glory berkecimpung di dunia jurnalistik. Sementara Aldo,  Ketiganya sepakat bahwa semua peminatan baik, yang terpenting ialah menyerap sebanyak mungkin ilmu komunikasinya. Sebab, penguasaan komunikasi memudahkan kita dalam berkarir.

Untuk menjadi komunikator yang handal, keempat alumni memberikan tips :
1.       Percaya diri;
2.       IPk tinggi;
3.       Jadilah orang yang luar biasa;
4.       Mau terus belajar dan berlatih;
5.       Mematok target lebih tinggi dari orang pada umumnya.

"Good communication does not mean that you have to speak in perfectly formed sentences and paragraphs. It isn't about slickness. Simple and clear go a long way." -John Kotter

(Sil)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top