Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Masyarakat Urban, Masyarakat Pemantau Pemilu
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Pemilu   (Pemilihan Umum)   2014 merupakan pesta demokrasi akbar   yang   menentukan pemimpin   ...
Pemilu (Pemilihan Umum) 2014 merupakan pesta demokrasi akbar yang menentukan pemimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan.  Mengantisipasi kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan ICT Laboratory for Social Changes (iLab) dan didukung oleh South East Asia Tecnology and Transparency Initiative (SEATTI) meluncurkan  aplikasi pemantauan pemilu yakni Mata Massa pada Minggu lalu (24/11) di Perpustakaan Salihara Jakarta.

Aplikasi Mata Massa merupakan sarana untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi terkait pemilu mendatang. Baik dalam hal iklan kampanye, alat peraga kampanye serta skandal kampanye yang terselubung. Aplikasi dengan pendekatan smartphone ini digunakan oleh masyarakat dan kaum muda atau pemilih pemula agar terlibat aktif dalam pemantauan.

“Membuat aplikasi dan program untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, masyarakat perlu diajak selain partisipasi pada hari
-H” ungkap Umar Idris selaku Ketua AJI.

Negara yang 
terlebih dahulu menerapkan aplikasi serupa yakni Kenya, Thailand dan Malaysia.  Dengan aplikasi tersebut setiap warga dapat terlibat langsung agar pemilu berjalan jujur, adil dan bebas dari kecurangan.

Laporan dari warga yang sudah benar baik format maupun kontennya 
akan diverifikasi oleh tim verifikator dan akan dipublikasikan ke situs MataMassa.org. Selanjutnya laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihak berwenang dalam pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)


Pemantau pemilu yang terdaftar akan menjadi keyperson dan akan rutin mengabarkan mengenai pelanggaran yang terjadi menjelang  pemilu. Oranye yang merupakan lembaga pers mahasiswa
 Fikom Untar tergabung dalam tergabung dalam jaringan keyperson bersama dengan mahasiswa dari berbagai universitas lain, antara lain Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah (UIN), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Nasional (Unas) serta universitas lainnya di Jakarta.(tik)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top