Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: AIDS, Menakutkan?
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
sumber: indyapost.com Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata HIV/AIDS ? Mungkin Anda takut...
sumber: indyapost.com
Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata HIV/AIDS? Mungkin Anda takut tertular HIV/AIDS atau mungkin Anda tidak peduli karena Anda merasa bebas dari penyakit ini. Tapi stigma yang menyebar di masyarakat terlanjur jelek. Banyak penderita HIV/AIDS yang dijauhi padahal mereka tidaklah berbahaya. Jadi, bagaimana penyakit yang sangat ditakuti ini menular?

“Penyakit AIDS dapat menular melalui suntikan yang digunakan secara bergantian, seks bebas, dan melalui donor atau transfusi darah,” ungkap Susanti, mahasiswi kedokteran Universitas Tarumanagara (Jumat, 29/11/2013)

AIDS sendiri merupakan penyakit yang belum ditemukan penyembuhannya. Perkembangan penyakit ini memang mengkhawatirkan. Pada 2013, kasus positif HIV/AIDS di Jakarta meningkat hingga mencapai 24.807 kasus positif HIV dan 6.973 penderita AIDS padahal pada tahun 2012 baru terdapat 20.000 kasus.  
“Dapat kita ketahui (AIDS menyerang) melalui imun si penderita yang menurun. Sehingga ia lebih mudah terserang penyakit seperti TBC, pilek dan sebagainya,” lanjut Susanti.

Setelah si penderita AIDS tahu bahwa ia terjangkit penyakit AIDS, mereka cenderung akan lebih tertutup. Bahkan diantara mereka merasa kalau mereka telah dikucilkan dari masyarakat. Belum lagi mereka harus menghadapi stigma buruk masyarakat terhadap penderita AIDS. Padahal, mereka juga tidak pernah menginginkan penyakit ini.


Setelah mengetahui bagaimana penyakit HIV/AIDS menular, sudah seharusnya masyarakat lebih terbuka. Stigma bahwa penderita AIDS adalah pembawa penyakit harus dibuang jauh-jauh karena mereka tidak berbahaya. Selama kita menjaga bagaimana pergaulan, menjauhi seks bebas, dan narkoba niscaya kita  tidak akan tertular.(val)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top