Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Suwito Wu: Jurnalis Olah Rasa
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Oranye Fikom Untar mengundang Suwito Wu, Asisten Produser DAAI TV sebagai salah satu pembicara pada ...
Oranye Fikom Untar mengundang Suwito Wu, Asisten Produser DAAI TV sebagai salah satu pembicara pada acara Diksar Oranye periode 2014/2015 pada Sabtu, 27 September 2014. Acara bertempat di ruang 1106B Fikom, kampus 1 Untar.

Suwito Wu saat membawakan
sesi dalam Diksar Oranye 2014.
Mengangkat tema “Menjadi Jurnalis, Menjadi Inspirasi”, Suwito Wu yang juga pendiri Oranye berbagi cerita dan pengalamannya selama bekerja di divisi humanitarian DAAI TV. Dimana ia belajar untuk bekerja lebih dari sekadar jurnalis yang memenuhi hak atas informasi, tetapi juga menjadi jurnalis yang bisa melalui liputannya menginspirasi hidup penontonnya.

Salah satu kunci menjadi jurnalis yang inspiratif menurutnya, “perlu mendengar dengan mata dan melihat dengan telinga.” Contohnya ketika ia menampilkan video perjalanan seorang perempuan di Tiongkok yang menempuh jarak ribuan mil untuk mengambil air. Hanya melalui tayangan ia memanggul air mendaki perbukitan sambil terengah-engah saja, murni tanpa dialog, kita bisa mengerti betapa melelahkan perjuangannya. “Jadilah jurnalisme yang bisa mengolah rasa,” tegas Suwito.

Menurut pernyataan Nirma Yunita, ketua Oranye Fikom Untar, ia memilih Suwito Wu sebagai pembicara dengan tema tersebut karena Suwito Wu memiliki latar belakang pendidikan seorang jurnalis serta bekerja di stasiun televisi yang menginspirasi banyak orang.

Simple sih alasannya. Karena kan Suwito alumni Oranye, terus Suwito juga latar belakang pendidikannya itu sebagai seorang jurnalis dan dia juga kerja di salah satu TV yang cukup menginspirasi banyak masyarakat,” ungkap Nirma.

Selain itu, Oranye mengharapkan dengan diangkatnya tema “Menjadi Jurnalis, Menjadi Inspirasi” yang dibawakan oleh Suwito Wu dapat memberikan bekal kepada para peserta untuk menjadi jurnalis yang menginspirasi di Indonesia.

“Terakhir, saya mau bertanya. Apa itu profesional?” Suwito pun menjelaskan, “profesional adalah bekerja dengan hati.”

Penulis : Vinna Chilvia
Editor   : Silviana Dharma

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top