Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Diksar Oranye 2014: Keberpihakan Jurnalis
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Diksar Oranye: Foto bersama Diksar (Pendidikan Dasar) Oranye, Lembaga Bakat dan Minat (LBM) J...
Diksar Oranye: Foto bersama
Diksar (Pendidikan Dasar) Oranye, Lembaga Bakat dan Minat (LBM) Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (Fikom Untar) dilaksanakan pada hari Sabtu (27/9) di Gedung Utama Kampus 1 Untar. Diksar ini diikuti sekitar 20 anggota aktif Oranye Fikom Untar. Peserta juga datang dari LBM lain seperti Creadzy dan I-Focus.

Tujuan diadakannya diksar ini menurut ketua pelaksana (kapel) Willy Budianto ialah untuk memperluas pandangan para peserta tentang dunia jurnalistik, bukan hanya tentang tulis menulis.

Dibuka dengan lagu Indonesia Raya, diksar Oranye turut mengundang Editor The Jakarta Post Ahmad Junaidi. Melalui sesi "Wawancara Kreatif dan Efektif", Sir Alex, panggilan akrab beliau yang juga dosen jurnalistik Fikom Untar, menyampaikan bahwa seorang jurnalis tidak hanya dituntut untuk cover both sides, but all sides. Dengan demikian, menurutnya jurnalis mendapatkan story dari berbagai sudut pandang.

Dimoderatori Jesse Adam Halim, mantan wakil ketua Oranye 2012/2013, Sir Alex berbagi kisah soal keberpihakan media. “Jurnalis itu pasti berpihak, misalnya ketika memberitakan kasus pemerkosaan, maka dia harus berpihak pada korban. Tetapi tetap harus cover both side,” tutur Ahmad Junaidi yang juga Ketua Sejuk (Serikat Jurnalis untuk Keberagaman).

Mengenai kisruh media dalam memberitakan pilpres 2014 kemarin, Sir Alex berkomentar, “seorang jurnalis harus mampu menjaga suasana tetap kondusif."

Turut hadir dalam diksar Oranye, para alumni Oranye dan senior jurnalistik Fikom Untar. Sebut saja, Willy, mantan editor Oranye (2012-2014) membawakan materi “Dasar-Dasar Menulis Hardnews dan Softnews”. Pencetus sekaligus ketua pertama Oranye, Suwito Wu, S.I.Kom. membawakan materi ‘Cara menjadi Reporter yang Inspiratif”. Kiwantoro, S. I. Kom. selaku senior jurnalistik yang kini berkarier di Founder Genesis Production House membawakan materi “Pengambilan Video Jurnalistik secara Kreatif”. Serta Ketua Oranye 2011/2012 Nurul Khotimah, S.I.Kom. dan Ketua Oranye 2013/2014 Etika Widya Kusumadewi datang untuk berbagi pengalaman berorganisasi selama di Oranye.

”Masuk Oranye jangan setengah-setengah. Tunjukkan komitmen kalian supaya kita bisa membuat Oranye menjadi lebih baik lagi,” pesan Willy B. bagi mahasiswa-mahasiswi yang sudah tergabung dalam Oranye.

Penulis : Velika dan Tania Reliana
Editor   : Silviana Dharma

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top