Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Mayong dan Bedah Film Inception
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Bedah Film Inception diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komunikasi   Universitas Tarumanagara pada Kamis,   28 Oktober 2010. Mayong Suryolak...


Bedah Film Inception diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komunikasi  Universitas Tarumanagara pada Kamis,  28 Oktober 2010. Mayong Suryolaksono, pengamat film dan jurnalis senior  yang dikenal aktif sebagai analis  film maupun industri komunikasi dan media  lainnya diundang dalam bedah film ini.

Pada intinya, film Inception mengisahkan seorang CEO muda dan tampan bernama Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) yang berniat mencuri rahasia negara dengan cara yang tak biasa. Yaitu, memanipulasi pikiran orang lain melalui mimpi. Dia selanjutnya membentuk tim untuk melancarkan misinya tersebut. Cobb menggandeng Ariadne, Arthur, dan Eames. Ariadne adalah mahasiswi yang bertugas membangun dunia mimpi, Arthur bertanggung jawab dalam pencarian asal usul target, sedangkan Eames ditugasi menghipnotis dan memalsu data fisik dari si target.  Mencuri mimpi adalah "senjata" yang paling berbahaya. Namun, kemampuan khusus itu harus dibayar mahal. Cobb menjadi buron internasional hingga kehilangan semua hal yang dicintainya. 

Membedah film tersebut, Mayong sebagai  public figure yang mendalami  perfilman,  mengungkapkan perlunya pemahaman terhadap film, secara komprehensif, bukan  sebatas  jalan cerita, tetapi harus diperhatikan  juga aspek estetika, etika pengorganisasaian pesan, latar cerita, teknologi produksi yang menghasilkan audio visual, musik, editing dan aneka faktor lain yang selalu muncul dalam sebuah film, termasuk memahami peraturan tentang perfilman.
Film menurut UU No. 8 Tahun 1992 adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, eletronik, dan/atau lainnya;
Acara yang diselenggarakan terkait dengan mata kuliah Event Organizer itu, menarik perhatian para mahasiswa maupun dosen di lingkungan Universitas Tarumanagara dan  mahasiswa dari kampus lainnya. (Fikom Untar) 

About Author

Advertisement

Posting Komentar

  1. Reportasenya sudah baik, sudah mencakup 5 W 1 H. Namun, tolong perhatikan ejaan, penggunaan istilah asing. Tulisan ini untuk teknis itu sudah Saya perbaiki. Terima kasih. Teruslah berlatih menulis. Sukses!

    BalasHapus

 
Top