Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Prodi Ilmu Komunikasi
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Sebelum tahun 1998, Program Studi Ilmu Komunikasi di seluruh Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS), berjumlah 24 prodi....
Sebelum tahun 1998, Program Studi Ilmu Komunikasi di seluruh Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS), berjumlah 24 prodi. Pasca reformasi kenegaraan yang memberikan keleluasaan komunikasi dan berekspresi, Prodi Ilmu Komunikasi mengalami pertambahan yang sangat cepat. Menurut Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS - Pembantu Direktur Bidang Akademik, Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung, dan data Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), sampai bulan Agustus 2010, jumlah Prodi Ilmu Komunikasi di seluruh Indonesia, kurang lebih 199, yang tersebar di PTN dan PTS.




Berdasarkan SK.Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 163/DIKTI/Kep/2007 untuk jenjang S1 hanya tercantum Program Studi Ilmu Komunikasi. Padahal di berbagai PTN/PTS, khususnya Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), memiliki berbagai macam Program Studi dalam Bidang Ilmu Komunikasi. Implikasinya, merujuk SK Dikti 163/2007, maka dalam pengisian EPSBED, untuk semua prodi bidang ilmu komunikasi (S1), dimasukkan dalam satu prodi yaitu Ilmu Komunikasi.



Berpijak kepada hal itu, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) dalam berbagai kesempatan, telah mengusulkan kepada Ditjen Dikti untuk mempertimbangkan penyesuaian prodi – prodi yang berada dalam bidang ilmu komunikasi, sebagaimana yang terdapat di PTN/ PTS. Melalui surat No.1030/D/T/2010 tanggal 10, Dirjen Dikti mengeluarkan ketentuan tentang Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Landskap. Dalam surat tersebut ditetapkan bahwa, beberapa Prodi dalam SK Dikti 163/2007 tidak lagi berlaku.



Berikut Prodi Ilmu Komunikasi, yang tercantum dalam Lampiran Surat Dikti No. 1030/D/T/2010. Untuk Jenjang S1 Bidang Ilmu Komunikasi terdiri dari prodi : (1) Ilmu Komunikasi (2) Jurnalistik, (3) Hubungan Masyarakat/ Public Relations, (4) Periklanan, (5) Televisi dan Film, (5) Manajemen Komunikasi dan Media. Sedangkan untuk gelar lulusan lima prodi tersebut adalah S.I.Kom alias Sarjana Ilmu Komunikasi (Fikom Untar)



About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top