Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Strategi Bisnis Media Baru
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Untuk mengembangkan wawasan tentang   jurnalisme bisnis ataupun “Ekonomi Media”,   dan   merujuk sejumlah jurnalis senior   yang tergabung d...
Untuk mengembangkan wawasan tentang  jurnalisme bisnis ataupun “Ekonomi Media”,  dan  merujuk sejumlah jurnalis senior  yang tergabung dalam AJI,  mengajar  di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara ataupun  menjadi dosen tamu, maka mahasiswa Fikom ikut berpartisipasi dalam seminar yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen. Seminar  dilaksanakan dalam rangka  HUT ke-16 pada Rabu (4/8) di Hotel Nikko Jakarta, dengan topik “Politik dan Bisnis Media Baru”. Hadir sebagai pembicara Cherian George – Associate Profesor dan Kepala Jurusan Jurnalisme,  Wee Kim Wee  dari School Nanyang Tech University, Singapura, Enda Nasution (blogger), Steve Christian (pendiri Kapanlagi.com), serta  Andi Zein (pendiri Mobile Monday Indonesia).


Sesi pertama membahas aspek politik dan gerakan sosial dari media baru. Cherian George memaparkan, adanya media baru menciptakan suatu independensi berekspresi bagi masyarakat. Hal tersebut akan mencegah dominasi-dominasi yang ada menguasai masyarakat secara mutlak. George juga mencoba membuka mata peserta seminar mengenai tantangan utama dalam penggunaan media baru, yaitu bagaimana membujuk masyarakat untuk lebih toleran, menghormati ide-ide yang tidak disukai disamping menyuarakan dan mendukung ide-ide yang disukai.

Enda Nasution yang hadir sebagai pembicara kedua mengatakan bahwa aktivitas di dunia online mampu membawa dampak yang besar di dunia nyata. Adanya media baru tidak akan menggeser kedudukan dari media mainstream (seperti koran dan majalah). Media mainstream akan membantu media baru, misalnya dalam hal penyebarluasan.

Masuk dalam sesi dua, Steve Christian dan Andi Zein memaparkan fenomena tingginya tingkat penggunaan mobile internet. Di Indonesia, terdapat sekitar 210 juta orang pengguna ponsel yang 80% di antaranya ponsel berfasilitas internet. Hal tersebut membuat saluran distribusi berita mengalami perubahan. Masyarakat lebih cenderung mengakses berita lewat internet, terlebih internet pada telepon genggam. Maka dari itu, mobile internet, memiliki peranan penting dalam masyarakat.


Pada kesempatan lain, tanggal 1 September 2010,  untuk memperkaya wawasan bisnis  dan industri komunikasi yang dinamis – progresif,  mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Untar, mengikuti Konperensi Pers dengan tema Undang – Undang KIP dan Akuntabilitas Pejabat Negara  di Resto Olive Tree  Hotel Nikko, yang diselenggarakan oleh  Institut Studi Arus Informasi (ISAI) sebagai lembaga yang peduli terhadap kebebasan pers di Indonesia. (Laporan Eilina Mariamele. Crespo Elwi - Fikom)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

  1. Reportasenya lengkap sekali. Detail! Namun, perhatikan kadang detail dalam liputan akan membosankan pembaca. Terus belajar dan berlatih ya, teman... Sukses selalu!

    BalasHapus

 
Top