Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: UAS Oh UAS
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Senin, 11 Juni 2012, suasana di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara terlihat ramai. Banyak mahasiswa/i yang memadati selas...

Senin, 11 Juni 2012, suasana di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara terlihat ramai. Banyak mahasiswa/i yang memadati selasar lantai 11 dan 12. Keramaian tersebut merupakan dampak dari diselenggarakannya UAS (Ujian Akhir Semester 2011/2012) fakultas yang dimulai pada hari itu. Mahasiswa sibuk membicarakan materi mata kuliah yang akan diujikan. Ada yang mencari kisi-kisi dari dosen pengajarnya, dan ada pula yang sibuk dengan fotocopy-an bahan ujian untuk dipelajari.

Waktu senggang dimanfaatkan para mahasiswa semaksimal mungkin untuk belajar. Mereka membaca kembali agar tidak lupa saat ujian. UAS hari pertama membuat harap-harap cemas. Tapi, di sisi lain ingin cepat diselesaikan karena menunggu waktu libur panjang seusai UAS. Perasaan bercampur aduk menjadi satu antara tegang, senang dan seru. UAS terasa menantang karena mahasiswa diuji pula tingkat konsentrasinya.

Perasaan itu terpancar dari wajah-wajah mereka. Dari mimik para mahasiswa, terlihat ada dari mereka yang terbebani. Ada juga yang tanpa beban seperti air mengalir bebas. Saat UAS dilangsungkan, ekspresi mereka berubah drastis yang sebelumnya tenang, menjadi raut bingung seperti lupa apa yang sudah dipelajari. Namun, ada juga wajah sumringah yang bersinar dari mahasiswa yang siap dan matang untuk menghadapi UAS.

Semua ini merupakan kewajiban yang harus dilalui mahasiswa untuk mengukur kemampun serta melakukan analisa untuk menjawab soal. Kepandaian tidak diukur dari nilai, melainkan kejujuran yang diambil sebagai contoh memajukan bangsa di masa yang akan datang. Berlaku jujur tak mencontek saat UAS merupakan nilai tersendiri bagi tiap mahasiswa karena mau berusaha dengan kemampuannya. Dedikasi dari kejujuran akan menciptakan kemajuan untuk berlaku jujur dan tanggung jawab akan tugasnya. Hidup mahasiswa Fikom UNTAR! (Riza Firdaus)  

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top