Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Mengintip Dapur Koran Sindo
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Hari pertama Forum Diskusi Nasional (FDN) yang diadakan oleh Badan Otonom Economica Fakultas Ekono...

Hari pertama Forum Diskusi Nasional (FDN) yang diadakan oleh Badan Otonom Economica Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) dalam rangkaian acara Journalist Days 2013 diisi dengan kunjungan ke ruang redaksi Koran Sindo. Sebelum kunjungan, para peserta FDN diadu argumennya dalam 3 Focus Group Discussion (FGD) besar. Setiap FGD ini terdiri atas 3 tim dari Lembaga Pers Mahasiswa berbeda dan akan diberikan 1 studi kasus berbeda yang akan didiskusikan dalam FGD tersebut. Hasil diskusi akan dipaparkan dalam presentasi yang kemudian akan dinilai oleh 3 juri yaitu Wiendy Hapsari (Manajer Litbang Koran Sindo), Djaka Susila (Redaktur Pelaksana Koran Sindo), dan Hariyanto Kurniawan (Redaktur Sindonews.com).

                Seusai presentasi, barulah peserta FDN diajak berkeliling ruang redaksi Koran Sindo dan Sindonews.com. Gedung SINDO yang bertempat di Jalan Wahid Hasyim No 38 ini, memiliki 3 lantai untuk proses produksi berita. Proses produksi berita ternyata tidak sesederhana kelihatannya. Sebuah berita dari seorang reporter di lapangan harus melalui berbagai tahapan hingga dapat diterbitkan baik melalui media cetak ataupun portal dalam jaringan (Daring). Sehingga tidak heran kalau redaksi ini aktif beroperasi hingga batas akhir pengumpulan pukul 12 malam. Bahkan, menurut Esty, pemandu peserta FDN , ruang redaksi justru semakin ramai ketika menjelang malam hari.

                Ketika berkunjung ke redaksi Koran Sindo, Djaka Susila memakai kesempatan ini untuk menjelaskan bagaimana alur produksi di Koran Sindo. Dia juga menegaskan pentingnya inovasi dalam industri media cetak agar tidak ditinggalkan oleh pembaca. Hariyanto juga menegaskan hal serupa di ruang redaksi Sindonews.com. Menurutnya, portal daring memiliki ciri khas yaitu kecepatan dalam penyampaiannya. Meskipun begitu keakuratan suatu berita tetap harus dijaga dengan  proses verifikasi.

                Selain pengumpulan berita, para peserta FDN juga mengunjungi bagian fotografi dan tata letak. Kunjungan ini diakhiri dengan sesi foto bersama para juri pada pukul 5 sore.(will)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

  1. Kapan nih Tim Oranye Untar ke NET Media? Sekaligus mengupas tuntas 'dapur' berita di NET Tv. Kan lagi hot banget nih si NET tahun ini. Tak tunggu ya beritanya :D

    BalasHapus

 
Top