Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Unsur 6W+1H+1S dalam Berita Media Televisi
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Pemberitaan di Media televisi tidak hanya cukup mengandalkan unsur 5W & 1H (Who, what, where, ...

Pemberitaan di Media televisi tidak hanya cukup mengandalkan unsur 5W & 1H (Who, what, where, when,why dan how), Jurnalis televisi mempunyai pedoman tersendiri dalam melakukan reportase, yaitu  rumus  6W +1H+1S.

Begitulah kira-kira pemaparan yang diberikan Nurjaman Mochtar, pemimpin redaksi Indosiar & SCTV dalam seminar  “Independensi Jurnalis Televisi Jelang Pemilu 2014” pada Kamis (30/4). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Jurnalistik Indonesia 2013 yang digagas oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Bertempat di Hall Dewan Pers, Jakarta.

Unsur “W” yang dimaksud adalah wow , yaitu suatu hal yang menarik perhatian pemirsa sehingga menghabiskan waktunya dilayar kaca. Setiap media televisi mempunyai definisi wow yang berbeda menyangkut editorialnya  seperti isu, sensasi atau lainnya.

Sedangkan unsur “S” yang dimaksud adalah So what gitu loh. Artinya berita yang telah dibuat harus mengandung bobot berita. Berita tidak hanya memberikan informasi tapi juga menitikberatkan pada isi.

“unsur S & W inilah yang kadang bersebrangan, itulah mengapa pemirsa harus lebih kreatif memahami berita” ujar Nurjaman dalam diskusi.

Hadir pula sebagai pembicara Anggota Komisi X DPR RI, Dedy Gumelar, Anggota DPR RI, Rachel Maryam, & Ketua aliansi jurnalis independen, Eko Mariadi. Peserta yang hadir dalam diskusi juga merupakan para stakeholder dalam media televisi. Fikom Untar  sebagai salah satu institusi perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang Ilmu Komunikasi, khususnya Jurnalistik, juga diundang dalam diskusi ini. Reza Ramadhan, Silviana Dharma dan Nirma Yunita dari kosentrasi Jurnalistik diutus untuk berpartisipasi dan memberikan sudut pandangnya dari sisi akademis.

Kegiatan memiliki agenda untuk mengkampanyekan kepada jurnalis televisi agar mendukung politik santun dan cerdas menghadapi pemilu 2014.(rez)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top