Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: “4O Years of Silence: An Indonesian Tragedy”
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Hari ini, Kamis (5/9/2013) Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) bekerjasama dengan Ko...
Hari ini, Kamis (5/9/2013) Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) bekerjasama dengan Komnas HAM menyelenggarakan pemutaran film dokumenter yang berjudul “40 Years of Silence”. Bertempat di Kantor Komnas HAM, film yang merupakan karya seorang antropolog, Robert Lemelson ini menceritakan kesaksian empat korban pelanggaran HAM tahun 1965/1966 dari Jawa Tengah dan Bali yang telah memecah kebungkaman panjang mereka.
Setelah 15 tahun reformasi, belum ada satu pun kasus tahun 1965 yang telah diselesaikan secara tuntas sesuai standar kemanusiaan dan HAM sebagaimana dituntut oleh konstitusi Indonesia. Salah satu korban bernama Sumini menuturkan bagaimana mereka sangat menderita dengan beban yang harus dibawa seumur hidupnya karena sering di cap sebagai seorang komunis. Komnas HAM dan KKPK mengajak individu, lembaga dan aktivis lainnya mendukung perjuangan dan penegakan HAM.

Robert Lemelson sendiri mengungkapkan pemerintah seharusnya juga ikut berperan dan secara adil menuntaskan kebenaran. Lanjutnya, Komnas HAM  harus tetap menyelidiki berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada tahun 1965 yang memakan korban sekurang-kurangnya 500 jiwa. Selain itu, masih terjadi stigmatisasi pada seseorang atau sekelompok orang karena afiliasi, kepentingan politik, atau pengaruh kelompok yang berbau SARA hingga saat ini. (bim)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top