Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: DPM Training Eksternal: L.E.A.D Your Life
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Kepemimpinan bukan bawaan lahir, tetapi dapat dilatih. Itulah yang diyakini oleh Vania Levi, ketua ...
Kepemimpinan bukan bawaan lahir, tetapi dapat dilatih. Itulah yang diyakini oleh Vania Levi, ketua pelaksana DPM training eksternal 2014 yang diadakan di Vila Nurlela, Bogor. Acara yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (DPM Fikom Untar) ini diadakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 25-27 April 2014.  Bertemakan L.E.A.D Your Life: Learn Establish and Draw Your Life, training eksternal ini memusatkan untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan di dalam diri mahasiswa.


“Training eksternal ini untuk menumbuhkan rasa kepemimpinan, menumbuhkan rasa kekeluargaan, mengajarkan kedispilinan, dan memperluas pandangan peserta mengenai pentingnya berpartisipasi dalam organisasi,” ungkap Vania.

Acara ini diawali dengan tantangan untuk mencari jalan terdekat menuju vila. Para peserta banyak yang kesulitan menyelesaikan tantangan itu. Hasilnya, waktu tercepat yang dicapai adalah satu jam. Setelah itu, latihan kepemimpinan ini diisi dengan berbagai permainan dan sesi yang menarik.

Salah satu sesi yang menarik antusiasme peserta adalah sesi tentang motivasi menjadi pemimpin. Dalam sesi ini, pembicara yang merupakan ketua DPM Fikom Untar terdahulu, Hendra memaparkan tentang manfaat menjadi anggota DPM dan motivasi untuk menjadi anggota dari suatu organisasi.

Tidak hanya itu, berbagai permainan yang digagas juga memancing para peserta memeras otak. Dan tentu penggunaan telepon genggam tidak diperbolehkan selama training eksternal berlangsung. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat fokus ke training dan lebih kompak.

Vania berharap para peserta terus berusaha mencari sosok pemimpin dalam diri mereka. Dia menambahkan bahwa pembelajaran tidak hanya didapat dari training yang sudah dilewati, namun juga dari berbagai hal di luar sana.

“Semoga semua yang didapatkan dari training kemarin tidak dilupakan sama peserta, lalu bisa dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. (Semoga) peserta jadi semakin baik lagi sesudah pulang dari training dan semoga sehabis acara para peserta LK ini bisa semakin solid,” tutup Vania.(WLB)

            

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top