Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Memakai Akun Facebook Teman untuk Mengatai Dosen
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Pagi-pagi ke kampus, Susan resah dan gelisah. Dia tak masuk ke kelas, padahal mata kuliah Reportase dan Investigasi yang akan diikutinya sud...
Pagi-pagi ke kampus, Susan resah dan gelisah. Dia tak masuk ke kelas, padahal mata kuliah Reportase dan Investigasi yang akan diikutinya sudah mulai. Dia dengan gelisah berkeluh kesah dengan teman-temannya. Tiba-tiba saja genangan bening mengalir dari sudut matanya. Dia menangis.

“Facebook aku di-hack…,” ujarnya dengan suara serak.

Beberapa temannya mencoba menenangkan Susan. Akun jejaringannya dibobol oleh seseorang yang tak diketahui. Status facebooknya berubah dengan kata-kata yang tidak menyenangkan, bahkan jorok. Parahnya, akun facebooknya telah mengirimkan pesan ke salah seorang dosen di Fikom Untar dengan isi yang tidak sopan dan menjatuhkan dosen tersebut.

Lala seorang teman Susan kaget melihat akun facebooknya berisi muatan yang tidak semestinya. Lantas menghubungi Susan saat berada di kampus pagi itu. Apa lagi melihat pesan yang dikirim ke seorang dosen Fikom Untar dan respon yang diberikan oleh sang dosen tersebut. Pagi itu juga Susan langsung menelepon dosen yang bersangkutan.

“Aku udah telepon dua kali, tetapi gak diangkat…” keluh Susan dengan gelisah.
Dosen yang bersangkutan lantas mengirimkan pesan singkat ke nomor ponsel Susan, berisi pernyataan tidak menyangka Susan bisa berkata yang menjelekan sang dosen. Susan pun tambah cemas. Masalah Susan disampaikan ke sekretariat Fikom Untar. Dengan bantuan seorang teman, akun facebook Susan berhasil dilacak kembali dan password facebooknya diganti yang baru.

“Email yahoo-nya juga di-hack,loh!” ujar Calvin yang membantu Susan menyelamatkan akun facebook-nya.
Sampai saat ini, Susan sedang mengejar dosen yang dikirimi pesan aneh melalui akun facebook-nya. Dengan bantuan pihak fakultas, Susan akan memberikan penjelasan kepada sang dosen. Yang jelas, tindakan mengakses sistem informasi orang lain adalah tindakan melanggar hukum seperti yang tertera di UU ITE.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top