Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: UPGRADING SKILLS OF LEADERSHIP TRAINING
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Salah satu metode pelatihan yang sering dilaksanakan oleh lembaga maupun organisasi adalah training yang menekankan pada leadership dan org...

Salah satu metode pelatihan yang sering dilaksanakan oleh lembaga maupun organisasi adalah training yang menekankan pada leadership dan organization skill dimana materi yang diberikan tidak hanya terpaut kepada teori, namun melalui pemahaman langsung berupa simulasi games untuk ice-breaking. Sebuah pelatihan akan menjadi sangat menarik dan berkesan ketika pelatihan tersebut mampu mencakup unsur edukatif, informatif serta entertaining.  

Atas dasar pemikiran inilah, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (DPM FIKOM UNTAR) menyelenggarakan kegiatan Upgrading Skills of Leadership sebagai pelatihan dasar untuk anggota DPM FIKOM yang telah menjabat selama periode 2009-2010 serta beberapa mahasiswa FIKOM yang telah lulus fit and proper test.

Kegiatan yang berlangsung di Villa Nida, Cisarua, Bogor, tanggal 14 sampai 16 Mei 2010 ini sukses menghadirkan makna tersendiri bagi peserta training, karena setiap materi dan game mengajarkan basic skill untuk menjalankan suatu organisasi legislatif di tingkat fakultas, seperti belajar untuk melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar dalam City Game, kepercayaan pada teamwork di game Trust and Fall setelah renungan yang dibawakan oleh Andreas Sinaga dan Raymond Tjahyadi, ilmu negosiasi pada game FBI, Mafia, Gangster, dan Borjuis yang dipandu oleh Verdi Sukeiri, Okky Wijaya, dan Kelvin, mendengarkan suara pemimpin dalam game Memasukkan Bola Ke Ember, serta kerjasama untuk menjaga organisasi dalam game Memecahkan Telur.  

Selain itu, pelatihan yang pertama kali diselenggarakan oleh DPM FIKOM ini juga menghadirkan Drs. Widayatmoko, M.M., Eddy Dadang Suryadi, S.E., M.M., Fernando Yohanes, dan Dr. Eko Harry Susanto, M.Si. yang masing-masing membawakan materi mengenai fungsi organisasi, birokrasi surat-menyurat di Untar, dan tanggung jawab sosial mahasiswa.

Upgrading Skills of Leadership Training ini diharapkan mampu memberikan pembekalan dasar bagi seluruh anggota maupun calon anggota DPM FIKOM mengenai leadership dan organization skill yang akan membantu mereka beradaptasi dan bekerjasama dalam memaksimalkan kinerja lembaga serta mempererat rasa solidaritas, kekerabatan, dan rasa memiliki dalam lembaga DPM FIKOM. Diharapkan kegiatan DPM Training FIKOM ini dapat dilaksanakan setiap awal periode DPM FIKOM.   (Novena Adelweis Gisela)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top