Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Popularitas yang Beretika
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
               Etika pemberitaan media saat ini sudah hampir kehilangan wibawanya. Apakah pernyataan itu benar? Fikom Untar pun turut berpa...

              Etika pemberitaan media saat ini sudah hampir kehilangan wibawanya. Apakah pernyataan itu benar? Fikom Untar pun turut berpartisipasi dalam diskusi ini, yang diwakili oleh Suwito, Ivana Carolin D, Lisa Anggraini, Laras Nadya, dan Susanti. Diskusi yang di adakan di Habibie Center Jakarta , tanggal 29 April 2010 ini membvahas tentang “Menggugat Tanggung Jawab Pemberitaan Media Massa”. Kita sering kali mendapati pelanggaran undang-undang pers yang mengakibatkan kontroversi. Mungkin perlu kita bandingkan terlebih dahulu tentang etika jurnalistik dan etika profesi. Di mana dalam sebuah profesi harus memiliki keahlian, tanggung jawab, dan kesejawatan. Sedangkan etika jurnalistik harus memiliki moral, aturan-aturan, yang mengikat para jurnalistik tersebut.

“Sebenarnya pemahaman masyarakat tentang berita itu sangat lemah dan belum tuntas, sehingga penangkapan pesannya pun bias salah.” ungkap  Satrio Arismunandar (Redaktur Pemberitaan Trans TV) dalam diskusi pers tersebut.
“Apabila ditinjau dari kode etik yang ada, sebagai masyarakat awam, dapat diterima berbagai pengertian salah, akibat bahasa jurnalistik yang terlalu mendramatisir.” Ibnu Hamad (Pakar Komunikasi UI) mengungkapkan dari keadaan nyatanya. Hal itulah yang menjadi pertimbangan media hingga saat ini. Karena pada nyatanya belum dapat diseimbangkan antara etika dan profesi secara profesionalitas.

By. Ivana Carolin D

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top