Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Hindari 8 Aktivitas Makan yang Salah
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
AKTIVITAS yang dilakukan saat makan dan setelahnya sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan ...

AKTIVITAS yang dilakukan saat makan dan setelahnya sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh Anda. Perhatikanlah apa saja yang harus dilakukan dan harus ditinggalkan selepas makan supaya kesehatan kondisi tubuh Anda tetap terjaga.
1.      Jangan makan sambil berjalan
Makan sambil berjalan sama sekali tidak sehat. Sebab manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya sehingga bisa berdiri stabil dandengan sempurna. Ini merupkan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa
mencapai ketenangan yang merupakan syarat tepenting pada saat makan dan minum.
Ketenangan ini bisa dihasilkan pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam
keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap
untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.
2.      Jangan minum sambil berdiri
Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah
suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa
lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’
penyaringan yang berada di ginjal. Jika Anda minum berdiri, air yang kita
minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung
menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter, karena banyak
limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit
kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu
penyebabnya.

3.      Jangan  mengunyah makanan terlalu cepat
Orang yang terbiasa makan cepat berpeluang menambah berat badannya tiga kali lebih banyak dibanding orang yang biasa makan dengan tempo lambat. Tubuh memerlukan kira-kira 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Jika Anda mempuyai kebiasaan makan cepat, Anda akan cenderung makan berlebih sebelum tubuh sempat mengirimkan sinyal kenyang. Selain itu makan terlalu cepat membuat tubuh dipaksa untuk mencerna lebih cepat dan Anda akan kehilangan nutrisi sebelum makanan dicerna secara sempurna. Walaupun tidak mempunyai banyak waktu untuk makan karena kesibukan kerja, berusahalah untuk selambat mungkin mengunyah makanan.
4.      Jangan mandi
Jangan langsung mandi sehabis makan. Karena setelah makan, tubuh melakukan proses pembakaran dari makanan menjadi energi (maka itu setelah makan kita sering berkeringat walaupun tidak beraktifitas). Nah, kalau Anda makan langsung mandi, proses badan mengeluarkan panas itu tidak berjalan lancar karena tubuh luar (kulit) menerima suhu yang lebih rendah, jadi keringat tidak bisa keluar. Ini mengganggu proses pelepasan panas dalam tubuh sedangkan proses pembakaran tetep berlangsung. Mandi setelah makan juga mengakibatkan meningkatnya aliran darah pada tangan, kaki dan tubuh. Sehingga jumlah darah di kawasan perut dan sekitarnya akan menurun. Tentu saja kondisi seperti ini bisa melemahkan sistem pencernaan.

5.      Jangan berbaring
Gara-gara tidur setelah makan, makanan yang kita konsumsi tidak bisa diterima oleh pencernaan dengan baik. Akibatnya lagi, usus justru akan terluka atau infeksi.


6.      Jangan makan buah
Langsung memakan buah setelah makan itu bisa mengakibatkan perut menjadi kembung karena terlalu banyak air. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika memakan buah satu hingga dua jam setelah makan atau satu jam sebelum makan.

7. Jangan minum teh
Daun-daun teh mengandung banyak asam. Substansi asam ini bisa mengakibatkan kandungan protein yang terkandung dalam makanan yang dimakan akan segera mengeras. Akibatnya, protein tersebut sulit dicerna. Selain itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80%. Padahal, seperti yang kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

      8. Jangan minum air dingin
Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yang biasa Anda minum dengan minum air hangat.

Florencia T.J. ^-^

Sumber: Qiblati edisi 04 tahun II, Gizi.net, lifestyle.okezone.com

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top