Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Yuk, Menjadi Entrepreneur Ramah Lingkungan!
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Diadakan di kampus 2 Universitas Tarumanagara, Roadshow Greenpreneurship Challenge menghadirkan ...


Diadakan di kampus 2 Universitas Tarumanagara, Roadshow Greenpreneurship Challenge menghadirkan 3 orang pembicara yaitu Adithiyasanti Sofia (Putri Bahari Indonesia 2012), Agus Hermiyanto (Institute for Community Behavioral Change) dan Desty D. Sulstyowati, sebagai Top 3 Greenpreneurship Challenge 2012.
Foto: @Greenpchallenge
                Seminar oleh Youth Desk-Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO ini mengupas seputar dunia bisnis yang ramah lingkungan. Sofia menunjukkan dalam seminar ini bahwa motor penggerak perubahan saat ini adalah pemuda. Lebih lanjut lagi, pemuda dapat menjadi agen perubahan di bidang masing-masing.

                Selain Sofia, Agus Hermiyanto juga membagikan pengalamannya terutama dalam menjalankan bisnis Nata De Soya dan Nata De Cassava. Kedua produk tersebut dibuat dari sisa produksi kedelai dan singkong yang dibuat menjadi produk bernilai ekonomis. Agus mengutarakan, selain menguntungkan secara ekonomi, bisnis ini ramah lingkungan karena memanfaatkan sisa-sisa produksi. Selain Agus, salah seorang pemenang Greenpreneurship Challenge 2012 juga mengutarakan pengalamannya menjadi seorang insinyur pertanian hingga tercetus ide membuat camilan dari ubi ungu yang berpotensi sebagai makanan ringan khas Indonesia.
                Agus juga menuturkan bahwa saat ini kita sedang menghadapi masalah lingkungan yang disingkat dengan “APEL”  yaitu singkatan Air, Pangan, Energi dan Lingkungan.

                Leo, koordinator Youth Desk  mengutarakan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak wirausaha. Lebih lanjut lagi dia mengungkapkan, tantangan saat ini adalah bisnis harus memperhatikan isu lingkungan. “Harapan saya, teman-teman mahasiswa dapat menerapkan pendidikan yang mereka dapatkan dari bangku kuliah ke bidang mereka masing-masing yang menjadi passion mereka.”tutupnya (Will)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top