Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Vox Pop: Bagaimana Anda Memaknai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari-hari?
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
85 tahun lalu, Sumpah Pemuda dikumandangkan. Tonggak yang mengikat pemuda-pemudi Indonesia. Pemuda-...
85 tahun lalu, Sumpah Pemuda dikumandangkan. Tonggak yang mengikat pemuda-pemudi Indonesia. Pemuda-pemudi yang pada saat itu terbelah dalam solidaritas suku atau etnis tertentu. Sumpah Pemuda menjadi titik balik perjuangan Indonesia melawan penjajah sebagai satu kesatuan bangsa, bangsa Indonesia. Nah, bagaimana kita memaknai Sumpah Pemuda dalam kehidupan kita sehari-hari? Mari kita lihat beberapa pendapat orang-orang yang kami temui.

“Yang jelas berbahasa Indonesia yang baik, kemudian berpikir bahwa kita  juga dari Sabang sampai Merauke semuanya bersama dan yang terakhir seharusnya tidak membeda-bedakan antara suku.” 
Ninawati, pengajar mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD).

“Dalam kehidupan sehari-hari saya maknai kita semua harus punya ikrar dan salah satunya yang kita kenal adalah Sumpah Pemuda. Jadi kita harus punya sebuah ketetapan hati . Untuk pemuda hubungannya untuk kebangsaan, jadi kalau kita sudah tidak punya bangsa yang satu , tidak punya bahasa yang satu , dan negara yang satu saya pikir kita sudah tidak ada artinya”
Ferry, pengajar mata kuliah Brand and Postitioning.

“Menggunakan bahasa persatuan atau bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam berkegiatan, dan juga selalu melakukan hal-hal berguna sekaligus menaikkan martabat bangsa kita.”
Jasey Jackson, mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Tarumanagara.

“Menurut saya, dengan meningkatkan semangat juang terutama bagi para kaum muda dari penjajahan moral yang belakangan ini semakin marak terjadi di Indonesia. Meningkatkan semangat perjuangan terutama dalam hal pendidikan.”
Jessika Karoline, mahasiswi  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

“Dengan menjadikan Sumpah Pemuda itu sebagai pedoman untuk terus turut memajukan bangsa. Karena pemuda-pemudi seperti kita ini yang menjadi penerus bangsa.”
Julius Aditya, mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Tarumanagara.


“Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu. Tiga faktor ini penting bagi Negara kita.” 
Hardytio, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara
(val)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top