Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: 10 Tips Merawat Batik Kesayanganmu
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Kain apa yang menjadi ciri khas dari kebudayaan Indonesia ? Yah! benar banget! kain batik. Hampir 90% orang Indonesia menggunakan ...
Kain apa yang menjadi ciri khas dari kebudayaan Indonesia ?
Yah! benar banget! kain batik.
Hampir 90% orang Indonesia menggunakan batik sebagai pakaian resmi dalam tiap acara dan kesempatan. Apalagi batik buatan Indonesia sangat terkenal dengan keindahan corak serta warnanya, sampai-sampai nih ada beberapa negara lo yang ngaku-ngaku kalau kain batik itu ciri khas dari negara mereka. Nah, buat kalian yang ingin merawat batik kesayangan biar tetap bagus, berikut beberapa tips kecil untuk merawat keindahan batik kalian:

1. Ketika mencuci gunakanlah sabun pencuci khusus untuk kain batik ( banyak dijualan di pasaran kok ).
2. Tapi kalau tidak ketemu, cucilah kain batik dengan sampo rambut. Caranya, larutkan sampo di air dan celupkan kain batik yang ingin dibersihkan.
3. Mencuci batik juga bisa dengan menggunakan buah lerak atau daun tanaman dilem yang sudah direndam air hangat.
4. Jangan pernah menggunakan detergen dan jangan digosok. Jika batik tak terlalu kotor, cukup di rendam dengani air hangat.
5. Untuk hasil lebih memuaskan sebaiknya jangan mencuci batik dengan mesin cuci. Gunakanlah tangan kalian sendiri.
6. Saat menjemurnya, batik yang basah tak usah diperas. Dan jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh.
7. Jika sudah dijemur, hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika.
8. Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik.
9. Simpan batik kesayangan Anda dalam plastik agar tak dimakan ngengat saat disimpan di dalam lemari.
10. Jangan diberi kapur barus, karena zat padat ini sangat keras dan bisa merusak batik.

Sekian tips-tips perawatan batik. Semoga berguna untuk kalian yang cinta batik. J
(fer)

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

 
Top