Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Baru, Lomba Debat di Fikom Untar
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Untuk pertama kalinya, Piala Dekan dan Pudek 2013 mengusung perlombaan debat pada Senin, 11 Maret 2013. Berlokasi di Gedung I lantai 12 Fi...

Untuk pertama kalinya, Piala Dekan dan Pudek 2013 mengusung perlombaan debat pada Senin, 11 Maret 2013. Berlokasi di Gedung I lantai 12 Fikom Untar, Doddy Salman, SH., M.Si., Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si., dan Ketua BEM Fikom Untar 2012/2013 Elwi Gito ditunjuk sebagai juri dalam perlombaan ini.

Perlombaan dibagi dalam 3 sesi. Peserta dibagi ke dalam 3 kelompok. Kelompok A dari angkatan 2011 diwakili Nyoman, Eveline, dan Maria Andadari; kelompok B dari angkatan 2010 diwakili oleh Jesse Adam Halim, Jessica Bernadetta dan Luh Putu Grace; serta kelompok C dari angkatan 2012 diwakili oleh Nirma Yunita dan Irene Felicia.

Perdebatan dimulai dengan topik Kepemilikan CJ7 bagi anak-anak. Kelompok A dari sisi pro mendukung anak-anak memiliki CJ7. “Setiap anak membutuhkan kasih sayang dan teman,” ungkap Eveline. CJ7, alien lucu milik Dicky dalam film produksi Hongkong (2008) berjudul CJ7 ( judul kanton : Cheung gong chat hou) dikatakan dapat menjadi teman yang baik bagi Dicky. CJ7 mampu menghibur di kala sedih. Ia juga teman yang setia dan rela berkorban. Melihat Dicky yang sedih karena ayahnya meninggal, CJ7 memberikan tenaga terakhirnya demi menghidupkan ayah Dicky. Hal ini menyatakan bahwa selain setia, CJ7 juga rela berkorban demi membahagiakan sahabatnya.

Kelompok B selaku pihak kontra menyanggah bahwa hal-hal semacam itu (nilai kasih, kesetian dan rela berkorban) dapat diajarkan dengan cara lain. Menurut pihak kontra, kepemilikan CJ7 dapat menimbulkan ketergantungan pada anak-anak yang mentalnya masih labil. “Mereka tidak akan belajar manis pahitnya hidup. (Dari) peristiwa kematian ayah Dicky (yang dihidupkan kembali), hal itu justru membuat Dicky jadi tidak bisa menerima kenyataan hidup,” ujar Jessica Bernadetta.

Perdebatan sempat memanas ketika kelompok A terus-menerus menginterupsi argumen kelompok B. Alhasil, kelompok A keluar sebagai pemenang terpaut tipis 0.5 dari kelompok B yang meraih poin 270.
Secara keseluruhan, juri menilai bahwa kedua kelompok mampu berargumen dengan baik. “Hanya saja, kok tidak ada yang membahas dari segi komunikasinya? Kita ini kan anak komunikasi,” komentar Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si. “Tapi kalian bagus sih, Cuma mungkin topiknya saja ya,” tambah Yugih.

Sementara Doddy Salman, SH., M.Si. menyatakan, “ saya kok ga dapat feel. Argumentasi tu jangan lama-lama. 3 menit juga cukup. Berdebat itu justru kita belajar bagaimana berargumen singkat namun mengena. Saya ngantuk jadinya.”

Analisis Film
Perdebatan biasanya membahas masalah-masalah umum yang ada terjadi di sekitar kita. Bisa juga masalah politik, budaya dan sosial. Namun ada yang berbeda dengan lomba debat di FIKOM UNTAR.

Kepala koordinasi lomba debat Piala Dekan dan Pudek 2013 Fieviela Sugita menyatakan, “biasanya orang-orang malas ikut debat karena topiknya berat. Maka dari itu, kami membuat topik yang ringan tapi tetap asyik untuk diperdebatkan.”

Doddy Salman menyayangkan topik pilihan panitia. “Ini lebih ke analisis film. Kalau kita punya klub film sih boleh saja ya. Terus kita nonton bersama dulu filmnya baru didebatin. Sayang topiknya terlalu subjektif. Jadi kurang tergali potensi mahasiswanya.”

Peserta debat sendiri sempat kaget dengan topik yang diajukan. “Pertama kali dengar sih, konyol. Karena biasanya debat itu masalah umum yang ada di sekitar kita. Tapi ini tentang film. Awalnya sempat canggung dan kami menanggapi serius (topiknya). Setelah tahu topiknya fun, ya selanjutnya kami bawa fun juga (perdebatannya),” ujar Jessica.

Menang Poin
Sesi kedua, giliran 2011 beradu argumen dengan angkatan 2012. Topik perdebatan ialah pembelian tiket kapal seperti di dalam Film "2012". Debat kedua dimenangkan oleh 2011 dengan perolehan poin 267,5. Kelompok C kembali harus kecewa setelah kalah oleh kelompok B pada ronde ketiga dengan topik Spiderman sebagai pahlawan kota menggantikan tugas aparat keamanan.

Perolehan poin sementara menempatkan kelompok B (2010) diurutan pertama dengan poin 540, diikuti kelompok A (2011) dengan jumlah poin 538 dan kelompok C (2012) mendapat poin 528.
Perdebatan terakhir diadakan Kamis, 14 Maret 2013. Kelompok A dan B akan kembali bertemu untuk memperebutkan gelar juara debat pertama Fikom Untar. Kedua kelompok mengaku optimis dapat memenangkan pertandingan. So, who will be the first?

The strong one doesn't win, the one that wins is strong.”
-Franz Beckenbauer, legenda sepak bola Jerman.


(SIL)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top