Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Kunjungan Fikom Untar ke @america
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Ingin berkunjung ke Amerika tapi khawatir biaya dan rumitnya pembuatan visa? Kini, Anda bisa merasakan suasana di Amerika secara langs...

Ingin berkunjung ke Amerika tapi khawatir biaya dan rumitnya pembuatan visa? Kini, Anda bisa merasakan suasana di Amerika secara langsung di Pusat Kebudayaan Amerika @america di Pasific Place, Jakarta. Pada tanggal 25 September lalu mahasiswa Fikom Untar angkatan 2012 mengunjungi tempat tersebut.

  Pada saat kunjungan, bukan hanya Universitas Tarumanagara saja yang hadir, namun juga ada rekan-rekan yang berasal dari Universitas Paramadina. Pembahasan materi dilakukan interaktif antara kedua Universitas serta pembawa acara terkenal, Tina Talisa. Pada kesempatan itu, dilakukan juga live web-chat dengan Profesor Burdett Loomis, profesor Ilmu Politik dari Universitas Kansas  dengan topik “Rule of Media in U.S Election”. Dalam presentasinya, Profesor Loomis menyatakan bahwa dalam aspek psikologis, media memainkan peran dalam memengaruhi perilaku masyarakat, meskipun  terdapat banyak faktor lain yang termasuk di dalamnya. Hal tersebut dapat terlihat dari cara berkampanye Mitt Romney dan Obama yang tengah kembali mengajukan diri sebagai pemimpin Amerika periode mendatang. Setiap penampilan dan pidato masing-masing tokoh tersebut berpengaruh besar pada penilaian masyarakat, namun demikian media tetap menjadi hal yang penting dan sangat diperlukan.
               
 Kemudian, Tina Talisa menceritakan pengalamannya ketika meliput pemilihan presiden AS secara langsung di tahun 2008. Perbedaan besar antara pemilu di Amerika dan Indonesia, menurut Tina, adalah antusiasme masyarakat dalam mendukung calon idola mereka. Para pendukung tersebut tidak segan berpenampilan seheboh-hebohnya. Ada pula yang sengaja datang dari negara bagian yang berbeda untuk memberikan dukungan hangat. Para pendukung juga mengikuti perkembangan informasi dari hari ke hari dengan cermat. Pada saat pemilu, mereka mengambil cuti dan turut serta memberikan suara.  Nampaknya,  rakyat Indonesia perlu belajar banyak dari sisi antusiasme serta keingintahuan rakyat Amerika dalam mengikuti informasi terbaru. (Dina)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top