23/10/12

Malam Keakraban Fikom Untar 2012: “Bukan Maen!”

~Foto Bersama Peserta Makrab 2012~
“Malam keakraban ini utamanya menciptakan momen untuk membangun hubungan emosional.”
-Elwi Gito  (Ketua BEM Fikom UNTAR)-

Setelah resmi menjadi  bagian dari keluarga besar Fikom Untar, mahasiswa baru angkatan  2012  dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Mereka  dihadapkan pada kondisi yang jauh berbeda dari masa SMA. Oleh karena itu,  pada tanggal 19-21 Oktober lalu, Fikom Untar mengadakan Malam Keakraban (Makrab) untuk membantu mahasiswa baru bersosialisasi dengan lingkungan barunya, baik dengan teman seangkatan, senior dan juga dosen.

Acara yang dipanitiai lintas organisasi BEM, DPM, I-Focus, Creadzy; Oranye ini mengangkat tema “Membangun Karakteristik Mahasiswa dalam Menumbuhkan Budaya Akademik dan Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara”. Acara yang diikuti oleh 63 peserta ini bertempat di Villa Teen Ranch Indonesia, Cipanas, Puncak.

Hari Pertama
Peserta Berkumpul jam 11.30 WIB di kampus sebelum berangkat ke tempat tujuan. Menggunakan dua bus, perjalanan menghabiskan waktu sekitar 4 jam. Sesampainya di villa, peserta melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pembukaan oleh Pudek Fikom Untar, Drs. Widayatmoko, M.M atau yang akrab disapa Pak Wid.

Dalam pidatonya, Pudek menyampaikan bahwa makrab ini adalah langkah awal bagi mahasiswa baru untuk menjalin hubungan baik antar angkatan, senior maupun dosen, sehingga mereka terbiasa untuk menjalin hubungan yang lebih luas lagi dan berguna ditengah masyarakat.

Selanjutnya, acara  dibebaskan dan peserta berkumpul lagi pukul 19.00 untuk makan malam. Seusai makan malam,  peserta dibekali materi  berjudul “Brain Power”. Pembicara sesi tersebut adalah Risman Purba. Dalam materi, peserta diberi motivasi bagaimana cara mengelola pikiran. Hal tersebut penting karena apa yang seseorang pikirkan, itulah gambaran dirinya. Berat ringan kehidupan bukan terletak pada tantangan, tetapi pada pikiran. Peserta terlihat antusias pada sesi ini. “Saya jadi termotivasi dan membuat sendiri dejavudejavu yang positif.” ujar Peylika, salah satu peserta.

Selanjutnya panitia memberi kejutan kepada salah satu peserta makrab. Ternyata, salah satu mahasiswa baru dari kelas D bernama Livia tengah berulang tahun. Panitia memanggilnya ke depan sambil diiringi lagu Jamrud-selamat ulang tahun dan diikuti semua peserta.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak sosial yang berisi peraturan-peraturan selama tiga hari mengikuti makrab dan pembagian kelompok  untuk permainan.

Hari pertama ditutup oleh ketua pelaksana Wilson Nugraha dengan melakukan briefing tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk permainan esok hari.

Hari Ke-2
Flashmob GangNam Style by Kelompok V
Hari kedua diawali dengan sharing mengenai perkuliahan yang dipandu oleh Dodi Salman, salah satu dosen Fikom. Menurutnya, tulisan yang bagus menjadi modal bagi mahasiswa meraih kesuksesan. Setelah itu barulah kemampuan analisis yang berdasarkan tiga aspek yakni mempunyai banyak referensi,  memahami masalah aktual dan penggunaaan logika.

Berbagai permainan luar ruang  mempunyai kesan tersendiri  di benak peserta. Permainan yang dilakukan antara lain catch the chic, lempar telur, cross the rope, tepung tampah, throw the bomb dll.  “Lempar telur, permainannya asik! Seru! Dikerjain! “ ucap Doohan, salah satu peserta ketika ditanya mengenai permainan  paling menarik.

Petang tiba menggantikan siang. Begitupun game outdoor usai dan dilanjutkan dengan talent show. Setiap kelompok harus menunjukkan kebolehan mereka untuk dinilai  dewan juri.  Acara kemudian dilanjutkan dengan acara api unggun. Semua peserta dan panitia berbaur untuk bernyanyi bersama sambil menikmati hangatnya api di malamnya Bogor yang dingin. Para peserta saling bertukar kontak. Foto bersama menjadi hal yang tidak terlewatkan.

Hari Ke-3
Dekan & Mahasiswi Peserta Makrab 2012
Acara dimulai dengan sarapan pada pukul tujuh, lalu dilanjutkan dengan penutupan oleh Dekan Fikom Untar, Drs.Eko Harry Susanto,M.Si. Dalam pidatonya, Dekan menyampaikan bahwa acara ini adalah bentuk kultural kekeluargaan; hubungan emosional keluarga besar Fikom Untar. Ia juga menyampaikan bahwa untuk waktu ke depan, acara seperti ini harus dilembagakan karena sangat baik dan mendidik. “Saya berharap peserta dapat menjadi aktivis-aktivis Falkutas Ilmu Komunikasi dan di masyarakat.” ujar Dekan. Setelah penutupan peserta dipersilahkan untuk mengemas barang-barangnya untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

***
Meski hanya tiga hari, acara ini memiliki kesan yang membekas bagi Vania Levi, salah satu peserta. Gadis ini mengungkapkan kepuasannya, “Enjoy sama acaranya, sama panitianya juga. Seru, ga membosankan. Saya betah di sana. Kalo bisa makrab ditambah lagi harinya.“ ujarnya. Hal serupa juga diutarakan Peylika, “Makrab seru! Bisa tambah teman. Saya mendapatkan arti kebersamaan, bertanggung jawab, menentukan pilihan dan bersosialisasi di sini."

Wilson Nugraha sebagai Ketua Pelaksana juga tidak bisa menyembunyikan kepuasannya atas acara ini, “Acaranya berhasil karena peserta fun. Meskipun jumlah peserta hanya setengah dari total jumlah angkatan, tetapi antusiasme mereka tinggi & mau membaur satu sama lain.” ungkapnya.

“Jadilah mahasiswa yang luar biasa. Berbuatlah yang terbaik menurut diri sendiri. Buat nama Fikom menjadi lebih baik lagi” – Amos Moses (Ketua DPM Fikom Untar)

(REZ, EWK)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar