Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Diskusi Buku Princess Deokhye: Kisah Duka Lara Sang Putri
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Akhir era Joseon, Jepang menginvansi Kerajaan Korea. Tidak hanya menganeksasi negara, Jepang juga menginvansi kebudayaan Korea, mulai dari...

Akhir era Joseon, Jepang menginvansi Kerajaan Korea. Tidak hanya menganeksasi negara, Jepang juga menginvansi kebudayaan Korea, mulai dari bahasa, pakaian hingga pendidikan.

Kelurarga kerajaan terancam. Raja Gojong bahkan terpaksa mengirim putra – putranya ke Jepang. Adalah Putri Deokhye (덕혜옹주), putri kesayangan Raja Gojong dan selirnya, dipertahankan raja untuk tidak dibawa ke Jepang, apalagi melakukan pernikahan politik dengan orang Jepang.

Takdir berkata lain. Tanpa sebab yang jelas, diduga diracuni, Raja Gojong meninggal. Tahun 1925, Dokuhime (panggilan orang Jepang terhadap Deokhye) dibawa ke Jepang dengan alasan untuk melanjutkan pendidikan. Dari sinilah, garis kehidupan mengarahkan Deokhye kepada kisah tragis. 

Nasib Deokhye yang dilupakan bangsanya dan diasingkan dari keluarga serta kerabat menjadikan kisah ini layak diangkat. Hal inilah yang mendasari OPMI (Obrolan Pembaca Media Indonesia) menyelenggarakan diskusi buku Princess Deokhye, karya Kwon Bee-young. Acara diskusi ini diselenggarakan di KCC (Korean Culture Center), Equity Tower, SCBD, Jakarta pada sabtu (29/9) lalu.

Dalam diskusi hadir Dhewiberta Harjono (editor buku), Rencidiptya (penerjemah), dan Shin Sung Chul (Representatif KCC) sebagai narasumber. Sedangkan yang bertindak sebagai moderator adalah jurnalis Media Indonesia, Jerome E. Wirawan.

Pembaca yang hadir menanggapi bahwa secara keseluruhan cerita cukup baik. Sayangnya, terdapat bagian yang agak membosankan yakni di awal cerita. Namun, bagaimanapun juga, emosi yang ingin disampaikan penulis tersalurkan benar dan masih mengena di hati pembacanya.

Novel asal Korea ini diadaptasi dari kisah nyata Putri Deokhye yang terekam dalam dokumen sejarah Jepang dengan dibumbui sedikit alur dan karakter fiksi. Buku ini diterbitkan sejak 2010, bertepatan dengan 1 abad aneksasi kerajaan Korea oleh Jepang dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia sejak 2011. Di Korea sendiri, novel ini terbilang sukses dengan penjualan sekitar 1 milyar kopi.

Menyusul kesuksesan novelnya, sutradara Heo Jin Ho ( yang menyutradarai serial Happiness dan April Snow) dikabarkan sedang memproduksi versi film Princess Deokhye ini. Tokoh utama yang berperan sebagai Deokhye kemungkinan akan dipercayakan pada aktris Moon Geun Young ( pernah berperan dalam serial Cinderella Sister dan Mary stay Out Night). ~Sil.

About Author

Advertisement

Poskan Komentar

  1. Aku suka novel ini!
    Semoga Moon Geun Young mau ambil drama ini.
    Karena dia sekarang sedang cari proyek baru setelah main di drama sejarah juga, Goddess of Fire Jeong Yi. :)

    BalasHapus

 
Top