Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Foke, Jokowi, Macan, dan (kotoran) Kuda
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Warga Jakarta telah melangsungkan pesta mereka, pesta demokrasi. Pesta lima tahunan yang telah berlangsung dua putaran ini menjadikan pasa...

Warga Jakarta telah melangsungkan pesta mereka, pesta demokrasi. Pesta lima tahunan yang telah berlangsung dua putaran ini menjadikan pasangan Jokowi-Ahok sebagai pemimpin Jakarta yang baru. Setidaknya, itulah yang dikatakan oleh hasil hitung cepat yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga survey, diantaranya Lembaga Survey Indonesia, Lingkaran Survey Indonesia, dan Indo Barometer. Ketiga lembaga survey diatas, lewat penghitungannya, mengatakan bahwa pasangan Jokowi-Ahok lah yang memenangkan perlombaan melawan pasangan Foke-Nara merebut DKI-1 dan DKI-2. Tentu saja keputusan akhirnya masih harus ditunggu lagi, karena Komisi Pemilihan Umum belum mengeluarkan hasil penghitungan dan pernyataan resmi mereka.

Namun kemenangan ini ternyata tidak melulu soal Foke-Nara dan Jokowi-Ahok. Kemenangan ini juga soal masyarakat, baik itu para pendukung Foke-Nara, Jokowi-Ahok, maupun mereka yang tidak berpihak pada siapapun karena apatis atau sudah tidak percaya kepada pemerintahan. Juga tidak hanya berkutat di dunia nyata, namun juga di dunia maya. Bukan, bukan cuma soal para manusia, namun juga soal "macan".

Di situs jejaring sosial Twitter misalnya, kemenangan Jokowi-Ahok kemarin juga menimbulkan keramaian baru. Orang-orang beramai-ramai menuntut janji dari akun pseudonim @triomacan2000 yang berjanji akan memakan kotoran kuda sebanyak 10 kg apabila Jokowi menang. Hal itu disebar-luaskan oleh akun pseudonym lainnya, @kurawa, yang mengaku menyimpan screenshot  twit si macan tersebut. Hal ini pun akhirnya sempat menjadi bahan perbincangan orang-orang di twitter yang memang sudah merasa benci akibat twit-twit provokasi si macan. Belum lagi isu tersebut juga turut dikomentari oleh akun selebtwit macam @rahneputri, yang tentu semakin meramaikan perbincangan. Belakangan, si macan cuma dapat berkata bahwa twit tersebut hanyalah rekayasa. Yah, tak ada yang bisa membuktikannya, toh ?

Sebelumnya, akun @triomacan2000 memang sudah sangat kontroversial sebagai akun yang sangat terang-terangan menyerang kandidat Jokowi-Ahok. Bahkan banyak yang berspekulasi bahwa akun ini sengaja dipakai oleh Foke-Nara dalam kampanye hitamnya.  Padahal, sebelumnya dalam masa pemilu putaran pertama, akun ini juga pernah menyerang Foke-Nara. (Jesse Adam)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top