Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Tips Kesehatan: Cara Mencegah Penyakit Flu
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Kebanyakan orang pasti pernah mengalami penyakit flu. Flu yang merupakan kepanjangan dari influenza adalah suatu infeksi virus yang me...


Kebanyakan orang pasti pernah mengalami penyakit flu. Flu yang merupakan kepanjangan dari influenza adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan sakit kepala, hidung berlendir, bersin-bersin, demam dan terkadang disertai batuk. Jangka waktu penularannya juga termasuk cepat. Walaupun flu termasuk kategori penyakit ringan, namun dapat menganggu aktifitas sehari-hari. Berbagai faktor dapat menyebabkan seseorang terjangkit  flu seperti kelelahan, perubahan cuaca ataupun debu. Namun, banyak cara yang dapat dilakukan untuk  mencegah flu datang.  Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari flu:
-         
       Beristirahat  cukup

Istirahat cukup merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  Usahakan agar waktu tidur Anda cukup dan sebisa mungkin hindari begadang hingga larut malam.  Tubuh kita memerlukan waktu  istirahat  untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktifitas.

-          Berolahraga secara teratur

Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga secara teratur, antara lain melancarkan peredaran darah, membakar lemak, meningkatkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk berolahraga sekurang-kurangnya 3x seminggu agar kondisi tubuh tetap fit . Dengan tubuh yang bugar dan sehat tentu kita dapat terhindar dari berbagai penyakit.

-          Menjaga pola makan seimbang

       Empat Sehat lima sempurna adalah komposisi makanan seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh namun seringkali kita melupakannya. Karbohidrat, lemak, protein dan vitamin masing-masing penting fungsinya demi menjaga tubuh  tetap sehat. Asupan gizi dapat diperoleh dari roti gandum, ikan salmon, susu , sayur-sayuran dan masih  banyak lagi. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin c. Kandungan vitamin c yang terdapat dalam jeruk dan strawberry ampuh dalam mencegah virus flu menyerang.

-          Mengonsumsi air putih

Konsumsi air sebanyak 7-8 gelas per hari menghindarkan kita dari dehidrasi dan radang pada saluran tenggorokan yang dapat memicu flu. Selain itu, dengan cukup mengonsumsi air putih dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam  tubuh.

-          Suplemen tambahan

Selain menjaga pola makan yang seimbang dan asupan gizi yang dibutuhkan,  kadang kita membutuhkan suplemen tambahan untuk kesehatan, terutama apabila kita memiliki kesibukan yang tinggi atau kondisi cuaca yang tidak menentu. Sudah banyak suplemen  dalam bentuk kapsul atau sirup yang dijual bebas di pasaran. Pilihlah jenis yang paling Anda butuhkan. Akan lebih baik jika melakukan konsultasi kepada ahli kesehatan sebelum memilih suplemen.

-          Hindari stress
Problem atau masalah dalam kehidupan sehari- hari membuat kita rentan terkena stress. Bad news is, stress can affect our immune system. Stress dapat melemahkan kekebalan tubuh kita dan membuatnya gampang terserang penyakit. Apabila anda merasa sedang stress cobalah untuk mendengarkan musik dengan irama yang menenangkan, melakukan pemijatan, atau menghirup aromaterapi. Selain itu, tanamkan positive thinking dalam pola pikir kita.

Kesehatan memang  suatu hal yang perlu kita pelihara dan tubuh yang sehat tak dapat ternilai dengan apapun. Oleh sebab itu, jagalah tubuh agar selalu sehat dan bugar karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (Anissa)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top