Oranye Fikom Untar Oranye Fikom Untar Author
Title: Mahasiswa Fikom Untar Ikut Serta Quick Report Pemilukada
Author: Oranye Fikom Untar
Rating 5 of 5 Des:
Mungkin Anda sudah sering mendengar kata quick count . Ya, kata tersebut sering muncul khususnya saat pesta demokrasi dilakukan. Seperti a...

Mungkin Anda sudah sering mendengar kata quick count. Ya, kata tersebut sering muncul khususnya saat pesta demokrasi dilakukan. Seperti arti harafiahnya yaitu penghitungan cepat, quick count diharapkan bisa memberikan perkiraan pemenang yang akurat dengan cepat.

Demikian pula saat Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta yang berlangsung Kamis kemarin (20/9). Berbagai lembaga survei dan media berlomba-lomba mengadakan quick count untuk mendapat perkiraan calon mana yang akan memimpin Jakarta 5 tahun kedepan. Apakah pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli atau Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Namun, ada yang berbeda kali ini. Lembaga penyiaran publik RRI (Radio Republik Indonesia) memilih mengadakan Quick Report. Apa beda quick count dan quick report? Quick report yang dilakukan RRI tak hanya menyampaikan hasil perolehan suara tiap-tiap TPS, namun juga kondisi pemungutan suara secara langsung.

Dan yang spesial pula, tak hanya pihak RRI yang terjun langsung menghitung perolehan suara. Sepuluh orang Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Tarumanagara ikut serta menjadi kontributor quick report kali ini dari jumlah keseluruhan kontributor yaitu 135 orang. Mereka adalah Anastasya, Natalia, Lidia, Cyhthia, Winna, Joanne, Laura, Christa, Chaterine, dan Elizabeth. Awalnya para kontributor ini dibagi kelurahan mana yang harus mereka datangi. Setelah itu, ditentukan secara acak 7 TPS yang mewakili keluharan tersebut. 

Jadi, tugas mereka ialah mendatangi sejumlah TPS yang terpilih dan mencatat perolehan suara akhir, kemudian melaporkan hasilnya ke server RRI dengan mengirim sms dengan format tertentu. Kondisi berlangsungnya pemungutan suara juga termasuk hal yang turut dilaporkan. Dari sanalah ditemukan hasil perkiraan pemenang Pemilukada DKI Jakarta yaitu pasangan nomor urut 3, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Natalia, salah satu kontributor lain mengungkapkan kalau kondisi pemungutan suara pada Pemilukada kali ini sangat tertib dan sangat kondusif. Masyarakat pun terlihat sangat antusias memberikan suara untuk menentukan pemimpin mereka 5 tahun mendatang. (elizabeth erlinda)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top